Sabtu, 25 Oktober 2014 03:30
Caring by Sharing | Kompas.com

LIFESTYLE / FOOD - ARTIKEL

14 Makanan Sehat Penggugah Selera

Sabtu, 15 September 2012 | 13:56 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
shutterstock
Ilustrasi

KOMPAS.com - Makanan sehat biasanya kurang menggugah selera. Inilah yang menyebabkan kebanyakan orang lebih suka mengonsumsi makanan siap saji, junk food atau makanan mengandung zat tambahan, yang terasa enak di lidah namun belum tentu baik untuk tubuh.

Tidak selamanya makanan yang tergolong sehat memiliki rasa yang hambar. Berikut ini adalah berbagai jenis daftar makanan sehat yang juga dapat memanjakan selera makan Anda :

1. Telur

Meski belakangan telur sering dicap buruk, tetapi tahukah Anda bahwa telur merupakan makanan yang kaya protein, vitamin dan mineral. Segudang manfaat kesehatan dapat Anda peroleh dengan mengonsumsi sebutir telur diantaranya, meningkatkan konsentrasi, menjaga berat badan tetap sehat, mengembangkan otak, memperkuat penglihatan serta mencegah cacat lahir dan kanker payudara.

2. Yoghurt

Yoghurt sebenarnya merupakan salah satu produk susu yang mengandung banyak bakteri baik. Selain itu, yoghurt dengan kultur aktif dapat membantu mengobati kondisi pencernaan seperti sembelit, diare, intoleransi laktosa, kanker usus besar, penyakit usus serta mencegah osteoporosis dan mengatur tekanan darah.

3. Bluberi

Blueberry adalah buah yang memiliki kandungan antioksidan tertinggi dibandingkan jenis buah-buahan lainnya, disamping juga kaya akan Vitamin A, B Kompleks, C dan E serta di antosianin, tembaga, selenium, seng dan besi. Ini adalah salah satu sumber terbaik antioksidan yang dipercaya mampu melawan penuaan, penyakit jantung dan lemak perut.

4. Brokoli

Sebagai makanan yang kaya nutrisi, brokoli dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti tekanan darah, osteoporosis dan flu. Bahkan beberapa penelitian meyakini, brokoli berkontribusi pada pengendalian dan pencegahan mata katarak, sakit perut, kanker usus besar, artritis, penyakit jantung, Alzheimer, tumor, diabetes dan penuaan.

5. Oats

Jika Anda ingin mendapatkan hasil terbaik untuk memerangi kolesterol tinggi, penyakit jantung, mengatur gula darah, tekanan darah, buang air besar, serta mengurangi risiko terkena kanker atau mengendalikan berat badan, dianjurkan untuk mengonsumsi oat lebih banyak.

6. Jeruk

Seperti diketahui, jeruk merupakan sumber makanan yang kaya vitamin C. Selain mudah didapat, buah ini juga dipercaya mampu mengatasi berbagai macam penyakit seperti asma, batu ginjal, hipertensi dan arthritis. Bahkan sejumlah penelitian menyebutkan, konsumsi jeruk setiap harinya dapat membantu Anda untuk menurunkan kolesterol dan pencegahan penyakit seperti diabetes.

7. Labu

Labu merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan antioksidan, vitamin A, C, K dan E dan merupakan sumber yang kaya magnesium, kalium dan zat besi. Bahkan sejumlah riset menunjukkan manfaat biji labu untuk mengobati osteoporosis, prostat, depresi dan mencegah kanker.

8. Ikan salmon

Ikan salmon adalah sumber asam lemak Omega-3 yang terbaik dan tak terkalahkan. Manfaat salmon telah banyak dikenal terutama dalam memerangi penyakit jantung, menurunkan risiko kanker, melindungi sendi, memperbaiki mood dan kognisi serta mengobati masalah mata seperti mata kering.

9. Bayam

Bayam adalah makanan padat nutrisi dan sumber dari berbagai macam vitamin, mineral dan fitonutrien. Sayuran ini bermanfaat untuk melindungi kesehatan jantung, meningkatkan pencernaan dan menjaga otak Anda tetap muda dan aktif.

10. Teh hijau

Teh hijau bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda untuk mempromosikan kesehatan secara umum. Seperti diketahui, minuman ini mempunyai banyak manfaat diantaranya membantu menurunkan risiko kanker, mengurangi nyeri sendi, mengatur kolesterol, mencegah penyakit jantung, mendongkrak imunitas, menjaga gigi tetap sehat, mencegah alergi dan infeksi, sertamengurangi atau mencegah jerawat.

11. Tomat

Manfaat kebaikan tomat telah dikiatkan dengan pencegahan penyakit kanker, jantung dan penurun kolesterol.

12. Kenari

Kenari telah dikenal mampu melakukan suatu keajaiban bagi kesehatan jantung, tulang, penurunan berat badan serta membantu memerangi insomnia, batu empedu, diabetes dan bahkan kanker.

13. Pisang

Buah pisang merupakan sumber yang kaya akan kalium dan serat. Buah ini bekerja dalam menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan tulang, saluran pencernaan, dan mencegah perkembangan kanker.

14. Stroberi

Selain bentuknya yang menarik, buah merah ini juga menawarkan beberapa keunggulan. Di antaranya, meningkatkan kesehatan kardiovaskular, mengatur kadar gula darah (yang memainkan peran dalam menyembuhkan dan mengobati diabetes) dan melawan penyakit berbahaya lain seperti kanker.


Sumber :
Times of India
Editor :
Asep Candra

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui