Kamis, 24 April 2014 15:25

LIFESTYLE / FITNES - ARTIKEL

Pria Kurus Ingin Punya Otot? Ikuti Saran Ini!

Penulis : Natalia Ririh | Selasa, 18 September 2012 | 14:55 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

KOMPAS.com - Banyak pria menafsirkan kejantanan dengan lekukan otot-otot pada tubuhnya. Tetapi bagi pria bertubuh kurus, ajang kebanggaan ini sulit diraih mengingat potensi tubuhnya jauh dari postur para atlet.

Meski demikian, pria bertubuh kurus jangan keburu patah semangat gara-gara mereka takkan bisa memiliki otot dan postur yang besar. Menurut  seorang pelatih kebugaran dan ahli nutrisi, Ben Greenfield,  pria kurus justru memiliki keuntungan karena tubuhnya memiliki kadar lemak yang rendah secara alamiah. Ini adalah suatu kelebihan, mengingat otot mereka akan terlihat lebih menarik ketimbang otot orang yang bertubuh besar.

Agar pria bertubuh kurus tampak lebih berisi dan berotot, berikut adalah tujuh saran yang disampaikan Ben berdasarkan pengalamannya :

1. Lebih sering angkat beban


Untuk menumbuhkan otot, biasakan secara rutin satu minggu sekali latihan angkat beban. Namun, otot pada orang kurus memang lebih sulit muncul pada awalnya. Orang kurus membutuhkan 4 -6 kali latihan untuk membentuk otot. Anda bisa mendapatkan hasil lebih cepat jika mengangkat beban dua kali sehari. Namun, jika Anda melakukannya maka perlu waktu seharian untuk pemulihan.

Untuk pria berpostur kurus, latihan angkat beban bisa menggunakan satu sesi/periode yang umum untuk melatih dada dan punggung pada hari pertama. Hari kedua dilanjutkan angkat beban yang melatih bisep dan trisep, kemudian kaki dan bagian tengah badan pada hari ketiga. Lalu, beristirahatkan satu hari kemudian lanjutkan pelatihan sesuai urutan tersebut.

2. Perlu partner


Kebanyakan orang bertubuh kurus tidak kuat mengangkat beban berat sehingga otot lama terbentuk. Oleh karena itu, mereka butuh pelatih pribadi atau teman berolahraga di gym yang akan membantu demi terbentuknya otot. Untuk berat beban, pilih yang lebih ringan dengan pengulangan lebih sering. Cara ini lebih efektif, daripada Anda memilih beban berat dan pengulangan lebih jarang.

3. Kombinasi latihan


Saran kombinasi latihan ini tidak boleh disalahartikan. Maksudnya adalah, Anda tetap berlatih latihan yang sama setiap minggu selama tiga sampai lima minggu. Tetapi, Anda sebaiknya menggunakan berbagai jenis strategi selama Anda berniat menumbuhkan otot-otot Anda.

4. Makan daging


Daging adalah serat bagi otot yang kaya lemak, protein dan pembentuk hormon yang akan membantu menumbuhkan otot Anda lebih cepat. Anda juga harus mengonsumsi 500 - 1000 kalori ekstra setiap hari untuk meningkatkan metabolisme Anda. Volume makanan dan protein yang tinggi akan meningkatkan hormon testosteron. Selain daging sapi, rekomendasi makanan lainnya adalah telur dan makanan laut.

5. Konsumsi Asam Amino

Di kalangan binaraga dan penggemar latihan kekuatan otot, ada suplemen yang kerap dikonsumsi atau disebut “branched chain amino acids” (BCAAs). Suplemen ini berisi protein yang mudah diserap oleh otot saat lahihan. Suplemen ini murah, mudah didapatkan serta baik dikonsumsi tanpa menyebabkan efek samping pada perut baik sebelum, selama maupun sesudah latihan. Untuk membentuk otot, Anda bisa menngonsumsi suplemen ini 10 - 20 gram yang diminum sebelum latihan, kemudian diminum lagi setiap 60 - 90 menit selama latihan.

6. Makan lebih sering

Seringnya berlatih akan membakar karbohidrat dalam tubuh Anda. Oleh karena itu, usahakan untuk makan sekitar 300 - 600 kalori yang mengandung karbohidrat dua sampai tiga jam sebelum latihan. Sumber karbohidrat bisa Anda temukan pada kentang, ubi jalar, outmeal, beras merah atau sumber lain yang sehat.

Jika Anda mengonsumsi makanan lain setelah selesai latihan, pastikan makan dalam jumlah kecil karena otot akan dengan cepat menyerap gula setelah Anda selesai berlatih. Khusus pria kurus, memang mereka harus banyak makan. Mereka wajib makan sebelum latihan serta sesudah berlatih sampai empat sampai lima makanan tambahan. Memang kelihatannya seperti banyak makan, tapi inilah yang diperlukan pria kurus untuk membentuk ototnya.

7. Suplemen


Anda memang mendapatkan asupan nutrisi, vitamin, dan mineral dari makanan yang Anda makan. Tetapi, agar tubuh tetap bugar sembari Anda berlatih membentuk otot, maka Anda butuh suplemen. Konsumsi BCAAs mungkin sudah Anda lakukan, tapi ada suplemen lain yang efektif membantu pria kurus membentuk otot. Suplemen tersebut seperti Creatine, Carnitine, Citulline, dan Beta Alanine. Suplemen tidak dimaksudkan sebagai pengganti tenaga agar kuat atau lebih sering angkat beban. Tetapi, konsumsi suplemen dapat membantu meningkatkan target.


Sumber :
Editor :
Asep Candra

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui