Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/10/2012, 08:33 WIB

TANYA :

Salam Sehat Dokter. Saya mau menanyakan soal sakit gigi yang sering kambuh. Sembuh lalu kambuh lagi sejak setahun terakhir. Beberapa bulan lalu, sudah sembuh dan ini kambuh lagi. Kalau dulu setiap periksa, dokter gigi tidak bisa mendiagnosa secara pasti, walaupun sudah dirontgen. Saya sendiri juga tidak tahu secara pasti bagian mana yang sakit.

Lalu saya dianjurkan ke dokter saraf dan hasilnya juga tidak ada kelainan dan hanya diberikan pereda nyeri yang sama dari dokter gigi sebelumnya.  Sekarang sakit gigi saya kambuh lagi dok, kalau saya sendiri menganalisa berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari internet sepertinya pada gigi geraham bungsu atau kalau digambar namanya third molar. Dok, apakah benar yang saya simpulkan dan apakah benar solusinya harus dicabut?..Mohon penjelasan. Terimakasih...

(Misna, 30, Ponorogo)

JAWAB :

Misna yang baik,

Berdasarkan informasi dari anda, saya simpulkan bahwa gigi geraham bungsu (gigi geraham ketiga) anda mengalami sakit yang tak kunjung sembuh. Sayang sekali tidak disebutkan apakah gigi geraham bungsu anda berlubang atau tidak.

Jika memang berlubang dan ada rasa sakit spontan, seharusnya dokter gigi sudah dapat menanganinya untuk dilakukan perawatan saluran akar gigi. Jika gigi geraham tersebut tidak berlubang dan dalam posisi yang normal, kemungkinannya gigi tersebut mengalami fraktur yang memang tidak terlihat secara kasat mata.

Kemungkinan lainnya adalah gigi geraham bungsu anda memang belum tumbuh keluar gusi secara sempurna, sehingga rasa sakit yang timbul diakibatkan dari dorongan gigi tersebut.

Sebaiknya anda konsultasi lebih lanjut ke Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut, sehingga dapat ditentukan apakah gigi geraham ketiga tersebut memang penyebabnya atau bukan. Jika memang perlu dicabut, Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut-lah yang lebih kompeten untuk melakukannya.

Demikian Misna, semoga dapat membantu. Salam gigi sehat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com