Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/10/2012, 11:11 WIB

TANYA:
 
Malam dok, saya sedang hamil 29 minggu. Hasil pemeriksaan USG menunjukkan bayi saya masih 989 ons. Ini adalah kehamilan pertama saya . Selama ini saya sudah minum susu dan vitamin yang diberikan bidan namun berat badan si bayinya masih kecil. Apakah penyebabnya ya dok?Terus terang kami khawatir dengan keadaaan bayi saya pada nanti melahirkan. Terima kasih atas penjelasannya.
 
Seli (21), Bandung

JAWAB:

Permasalahan yang dihadapi ibu memang cukup serius. Kehamilan 29 minggu dengan berat 989 gr memang kecil.  Kita harus pastikan dulu usia kehamilannya. Setelah kita yakin usia hamil, maka kita harus periksa mulai dari janinnya, sirkulasi uteroplasenter, dan keadaan ibunya. Penyebab pasti memang sulit diketahui. Yang penting adalah upaya kita memperbaiki di dalam rahim yang dikenal sebagai resusitasi dan setelah lahir harus punya tim dokter anak yang baik.  Untuk keterangan lebih lanjut saya ingin sekali bantu ibu. Terimakasih.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com