Selasa, 4 Agustus 2015

Health

KONSULTASI KESEHATAN GIGI & MULUT drg. Citra Kusumasari, SpKG
Menyelesaikan pendidikan Dokter Gigi di Universitas Padjadjaran Bandung, kemudian meraih gelar spesialisnya di Universitas Indonesia. Ilmu Karies, Estetik kedokteran gigi, dan perawatan syaraf gigi adalah keahliannya. Praktik di Nice Dental Care Ciputra Medical Center. Lotte Shopping Avenue Fl.5 Ciputra World 1

Mengeluh Gusi Bengkak dan Sulit Menelan

Senin, 12 November 2012 | 08:07 WIB

TANYA :

Dok, langsung saja pada pertanyaan saya. Mulai dari Jum'at 26/10/2012 lalu hingga hari ini, gusi bagian kiri ujung saya mengalami pembengkakan disertai dengan sulitnya untuk menelan air liur. Sekarang, gara-gara gusi saya yang bengkak bagian tubuh saya yang lain juga ikut sakit. Mulai dari sakit kepala, hingga demam. Ini penyebabnya apa dok? Mohon saran dan masukan bagaimana cara untuk menyembuhkannya. Terima kasih....

(Petronius Kevin, 21 tahun, Pontianak)

JAWAB

Hai Petronius,

Kemungkinan besar pembengkakan gusi yang anda alami adalah akibat gigi bungsu yang sedang tumbuh. Gigi bungsu atau disebut gigi molar ketiga merupakan gigi geraham tetap ketiga, yang muncul ke permukaan gusi pada usia rata-rata 17-21 tahun.

Pada saat gigi geraham bungsu tidak dapat muncul ke permukaan gusi secara sempurna, misalnya akibat ruangan pada rahang yang tidak mencukupi, maka akan muncul pembengkakan dan peradangan jaringan lunak diatas gigi geraham bungsu yang akan muncul tersebut, keadaan ini disebut perikoronitis. Perikoronitis dipicu oleh adanya bakteri akibat pembersihan rongga mulut yang kurang baik, atau akibat trauma mekanis pada daerah tersebut.

Gejala minor dari perikoronitis, antara lain:
1.    Nyeri spontan
2.    Pembengkakan di daerah sekitar gigi geraham bungsu yang akan tumbuh
3.    Pembentukan nanah
4.    Rasa yang tidak enak
Sedangkan gejala mayor dari perikonitis, antara lain:
1.    Kesulitan menelan
2.    Kelenjar getah bening membesar
3.    Demam
4.    Pembukaan mulut terbatas
5.    Facial cellulitis

Perawatan untuk mengurangi gejala minor dan mayor adalah membersihkan permukaan jaringan lunak dari sisa-sisa makanan, berkumur dengan air garam hangat, dan minum obat antibiotik.

Jika gejala-gejala diatas sudah berkurang, baru dapat dilakukan pengambilan gigi tersebut jika memang diperlukan, tentunya melalui pemeriksaan radiografis oleh Dokter Gigi terlebih dahulu. Setelah gigi tersebut diambil atau dibiarkan tumbuh sempurna, kondisi perikoronitis tidak akan terjadi lagi.


Demikian Petronius, semoga lekas sembuh.

Salam gigi sehat.

Editor : Asep Candra

FORM KONSULTASI

Tahun
Cm
Kg
Incorrect please try again
ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat