Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/12/2012, 13:51 WIB

KOMPAS.com - Apakah Anda sering merasa ngantuk di tempat kerja? Tenang, Anda tidak sendiri. Sebuah survey di Amerika menyatakan 1 dari 10 orang mengatakan bahwa mereka dapat tertidur di waktu yang tidak seharusnya. Selain memalukan, hal ini juga dapat membahayakan. Jika Anda masih juga kesulitan untuk menghilangkan rasa kantuk, cobalah tips berikut agar tetap produktif :

1. Konsumsi kafein. Kafein disebut-sebut sebagai zat efektif untuk memicu adrenalin agar tetap terjaga. Minuman berkafein seperti kopi, teh, cola, atau minuman berenergi adalah "obat" paling populer di seluruh dunia untuk menghilangkan rasa kantuk. Jika mengantuk, Anda boleh mengonsumsi kafein, namun jangan campur dengan gula berlebihan agar tidak menambah berat badan atau pemicu penyakit lain. Para ahli menyatakan, konsumsi 200-300 miligram kafein masih dalam taraf sedang.

2. Dengarkan musik.
Mendengarkan musik bisa menambah konsentrasi, begitu menurut sebuah studi di Taiwan. Beberapa studi juga mendukung pernyataan ini. Ditambah lagi ketika musik yang Anda dengarkan adalah musik favorit Anda. Namun pastikan, suaranya tidak terlalu keras atau gunakan headset agar tidak mengganggu rekan kerja Anda.

3. Makanan ringan. Kegiatan mengunyah ternyata membuat Anda tetap terjaga. Sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam jurnal Neuron menemukan bahwa mengunyah dapat membangkitkan sel-sel proteinstimulates orexin di otak, yang mengirimkan impuls listrik yang membuat kita waspada dan terjaga. Makanan tidak perlu berat sehingga membuat pencernaan bekerja terlalu keras. Seperti kacang atau yogurt bisa jadi pilihan.

4.  Bergeraklah. Jika sudah merasa ngantuk hingga Anda rasanya ingin meletakkan kepala Anda di meja, cobalah bangkit dan gerakkan tubuh Anda. Ini akan membuat aliran darah ke otak menjadi lancer kembali. Anda juga lebih mudah berkonsentrasi lagi kembali. Sebuah studi di Inggris pada 210 pekerja menyatakan bergerak membuat mood mereka menjadi baik sehingga meningkatkan produktivitas mereka.

5. Biarkan sinar matahari masuk. Apakah tempat kerja Anda kurang mendapat sinar matahari? Kekurangan cahaya adalah salah satu faktor yang meningkatkan rasa kantuk. Cahaya dapat merangsang otak untuk tetap aktif berpikir. Maka pastikan tempat kerja Anda cukup cahaya matahari untuk membuat Anda tetap terjaga.

6. Temui dokter. Jika rasa kantuk di siang hari sudah dirasa cukup mengganggu, Anda bisa berkonsultasi pada dokter. Karena bisa saja Anda menderita penyakit tidur yang mengakibatkan tidur malam Anda tidak nyenyak yang menyebabkan rasa lelah dan kantuk berlebih di siang hari. Dengan berkonsultasi ke dokter Anda akan mendapat penanganan yang tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com