Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/01/2013, 10:17 WIB


TANYA:
 
Dok, saya memiliki anak perempuan usianya 2 tahun dengan tinggi 90cm dan BB 14kg. Sampai saat ini anak saya sama sekali tidak pernah makan nasi atau makanan lain kecuali susu formula. Anak saya seperti vegetarian,  kalau sama buah dan sayur dia sangat suka. Dari pagi sampai malam bisa hampir 15 botol susu yg dia minum.
 
Saya sudah coba berbagai cara agar anak saya mau makan tapi tetap tak bisa. Pertanyaan saya apa yang harus saya lakukan agar anak saya mau makan. Cukupkah gizinya hanya dengan susu formula saja dan apakah berat badannya cukup untuk anak saya di usianya sekarang. Terimakasih.
(Peggy, Tangerang)
 
JAWAB :

Berdasarkan tinggi dan berat badannya saat ini, si kecil tampaknya termasuk gizi baik dan proporsional sehingga tidak perlu terlalu khawatir mengenai status gizinya.
Nampaknya yang terjadi kemungkinan dia terlalu sering mengkonsumsi susu formula sampai usia saat ini, sehingga keinginan untuk mengkonsumsi makanan lain selain susu amat kurang.

Sebaiknya kondisi segera diperbaiki dengan cara melatih dan membiasakan untuk sedikit demi sedikit mengurangi konsumsi susu formula, yaitu dengan melatih dia untuk menahan diri dan disiplin untuk tidak minum susu formula pada saat jam makan pagi, siang, dan sore/malam, sehingga lama kelamaan dia terbiasa dan mau melatih dirinya untuk mulai mengkonsumsi makanan lain termasuk nasi.

Konsumsi susu formula yang terlalu berlebihan dapat mengakibatkan asupan zat gizi yang tidak lengkap, tidak berimbang dan tidak komplit, disamping dapat saja menyebabkan gigi geliginya mudah caries bila tidak rajin membersihkan/sikat gigi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com