Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Secara Fisik Kurus tapi Mengapa Perut Buncit?

Kompas.com - 30/06/2014, 13:01 WIB


TANYA:

Salam hormat dok, saya seorang cowok dengan usia 26 tahun, saat ini saya memiliki tinggi badan 170 cm dan berat badan hanya 57 kg. Saya memiliki permasalahan dengan tubuh berukuran kecil, bahkan terbilang kurus. Tapi tidak untuk bagian perut yang cukup buncit dan juga pipi saya tembam.

Saya merasa ada yang aneh dengan tubuh saya sehingga saya merasa pertumbuhan tubuh tidak merata ke seluruh tubuh tapi hanya menumpuk di beberapa bagian saja. Saya juga sudah memeriksakan ke dokter dan saya tidak cacingan.

Apakah tubuh saya normal? Bagaimana agar pertumbuhan saya merata? Adakah cara untuk mengecilkan perut buncit dan adakah suplemen atau makanan yang bisa menaikkan berat badan. Terima kasih dok atas perhatiannya. Salam
Oki, Aceh.

JAWAB:

Dear Oki
Terima kasih atas pertanyaannya. Jika melihat data yang Oki berikan, usia sudah 26 tahun tentunya sudah tidak mungkin berbicara mengenai pertumbuhan dalam arti tumbuh tinggi lagi, yang mungkin adalah tumbuh menjadi lebih berisi, namun tetap harus berada dalam jangkauan kriteria BB normal.

Oki juga sebutkan bahwa sudah melakukan pemeriksaan ke dokter dengan hasil yang baik, berarti kelainan metabolisme atau penyakit lain sudah disingkirkan, jadi kemungkinan besar karena ketidakseimbangan antara asupan dan pengeluaran energi serta belum melakukan aktivitas fisik secara optimal.

Dari data BB 57kg dan TB 170cm, hasil perhitungan IMT (indeks masa tubuh) sekitar 19,7 kg/m2, masuk dalam kriteria BB normal (IMT=18.5-22.9). Jadi Oki tidak perlu terlalu khawatir karena masih memiliki BB yang normal, meskipun secara tampak fisik kelihatan kurus dan tinggi. Yang menjadi masalah bagi Oki, perut yang agak membuncit sehingga membuat penampilan makin “tidak merata”.

Untuk melihat apakah Oki termasuk dalam sindroma perut buncit atau tidak, dapat dilakukan pengukuran lingkar pinggang, caranya menggunakan meteran lalu dilingkarkan setinggi pusat dan catat angka yang ditunjukkan. Batas normal dalam arti tidak buncit, jika ukuran < 90 cm.

Untuk mengecilkan perut buncit tentu ada solusinya, silahkan Oki lakukan olahraga untuk mempertebal massa otot. Olahraga akan membuat bentuk tubuh Oki tampak lebih ber-isi dan tentunya menjadi lebih “merata” karena penumpukan lemak akan dibakar melalui olahraga yang tepat. Jenis olahraga untuk menambah otot dinding perut seperti sit up.

Jadi saya sarankan Oki berkonsultasi dengan dokter spesialis olahraga yang ada di kota Oki agar mendapatkan jenis dan porsi latihan yang tepat. Namun olahraga juga harus ditunjang dengan asupan yang tepat supaya otot juga dapat terbentuk.

Nah, untuk asupan gizinya, saya menyarankan Oki menggunakan diet 2250 kkal dengan contoh menu sebagai berikut:

Sarapan : susu low fat 200 ml + roti 1 potong

Snack pagi : risoles rougut + sayuran 1 potong

Makan siang : nasi 150 g + ayam bumbu kuning 100 g +tahu bumbu bali 60g + cah labu siam wortel 100g

Snack sore : salad buah dan sayur (lettuce, apel, melon, nanas, papaya) saus yoghurt 150 g

Makan malam : nasi 150g + gindara teriyaki 90g + tempe bumbu kari 50g + sup 3 warna 100g

Snack malam : susu low fat 1 gelas + krakers 2 keping

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com