Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlukah Gigi Geraham Bungsu Dicabut Sebelum Pakai Kawat Gigi?

Kompas.com - 20/01/2015, 13:00 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


TANYA:

 
Halo dok, saya ingin menanyakan. Saya sudah menggunakan behel sekitar 4 tahun. Permasalahannya kondisi gigi saya masih suka berubah-ubah, akibat gigi geraham belakang atas bagian bawah saya dua-dua tumbuh tidak lurus melainkan tidur.
 
Sudah sempat saya konsultasikan ke drg ortho saya, sebaiknya dicabut dulu selama pemakaian behel atau dicabut setelah behel dilepas. Namun jawabannya dibiarkan saja dulu. Tapi setelah saya perhatikan, rasanya perawatan yang saya lakukan ini seperti sia-sia karena terus berubah akibat dorongan dari gigi geraham yang tumbuh. Bagaimana sebaiknya ya dok? Terimakasih
 
Ririn (25), Jakarta

JAWAB:

Hai Ririn di Jakarta,
Untuk menentukan geraham bungsu Anda perlu dicabut atau tidak, diperlukan pemeriksaan langsung, foto panoramik, analisis model gigi, serta penunjang lainnya. Namun, gigi geraham bungsu selama tidak mengganggu perawatan ortodonti, dapat dibiarkan saja tanpa perlu dilakukan pencabutan.

Apabila gigi geraham bungsu tumbuh tidak normal, misalnya mendorong gigi di depannya maka perlu dilakukan pencabutan. Pencabutan tersebut dapat dilakukan sebelum, selama, ataupun setelah perawatan kawat gigi.

Pengaruh pencabutan geraham bungsu pada kasus gigi berjejal di rahang bawah masih kontroversial. Beberapa penelitian menyebutkan, regio gigi seri khususnya rahang bawah pada usia 12-13 tahun biasa mengalami gigi berjejal (20% kasus). Penelitian terakhir menyebutkan bahwa gigi geraham bungsu berkontribusi dalam kasus gigi berjejal. Serta disebutkan bahwa gigi geraham bungsu dapat menyebabkan relaps paska perwatan ortodonti.

Pencabutan pada gigi geraham bungsu setelah perawatan ortodonti diyakini dapat mengurangi terjadinya kasus gigi berjejal pada bagian depan.

Gigi geraham bungsu memiliki hubungan dimensional dengan permukaan tulang dan struktur gigi, dan mempengaruhi susunan gigi seri. Keputusan untuk dilakukan pencabutan geraham bungsu perlu dievaluasi secara seksama selama perawatan ortodonti.

Sebaiknya saat ini konsultasikan kembali dengan dokter gigi Anda. Jika masih belum puas, Anda dapat berkonsultasi ke dokter gigi spesialis ortodonti lain untuk mendapatkan opini kedua.
Demikian Ririn, semoga informasinya membantu ya.

Salam gigi sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com