Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/10/2015, 13:48 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Pagi hari, sebelum berangkat beraktivitas, Anda memerlukan latihan yang dapat membangkitkan energi dan semangat. Sebaliknya, usai lelah beraktivitas, Anda pasti ingin latihan yang sifatnya menenangkan.

Program dari Mandy Ingber, bintang DVD Yogalosophy dan pelatih yoga artis Jennifer Aniston ini, dapat memenuhi keduanya. Tinggal pilih dan sesuaikan gerakan dengan tujuan yang ingin Anda capai. Tak lama setelah melakukan program ini dengan rutin, tubuh bugar dan berenergi, serta mental yang bahagia dan tenang akan menjadi milik Anda.

 

Siapkan:

Matras, kursi tanpa lengan, yoga block.

Aturan Latihan:

Pilih pose yang sesuai dengan tujuan latihan, apakah untuk rileks atau untuk membangkitkan semangat. Lakukan sebanyak dua set. Untuk masing-masing pose, tahan gerakan selama 60 detik. Jika waktu ini terlalu panjang, istirahatlah sejenak, lalu lanjutkan latihan. Praktikkan sesering yang Anda bisa.

Cara Bernapas:

Untuk menambah semangat, bernapaslah dengan keras dan cepat melalui hidung sebanyak 50 kali tarikan napas permenit. Untuk efek menenangkan, bernapaslah perlahan melalui hidung sebanyak 10-15 kali tarikan napas permenit.

 

TRIANGLE

Berdiri, kaki dibuka selebar bahu, putar telapak kaki kiri ke arah luar. Rentangkan kedua tangan ke samping, perlahan gerakkan tubuh ke kiri, tubuh tetap tegak, dada menghadap ke depan. Tangan kanan lurus mengarah ke langit-langit.

Rileks

Tempatkan kursi di samping kiri tubuh. Tumpukan tangan kiri pada dudukan kursi, tangan kanan tetap terjulur ke arah langit-langit. Dengan alat bantu seperti kursi, Anda akan lebih mudah melakukan pose ini.

Bangkitkan semangat

Gerakkan tangan kanan ke arah belakang hingga mencapai paha kiri. Ulurkan tangan kiri ke samping sejajar dengan lantai dan telapak tangan menghadap depan. Jaga tubuh tetap tegak dan dada menghadap ke depan. Tahan semampunya.

 

CHAIR

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com