Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/12/2015, 14:00 WIB
Kisah dalam tulisan adalah tentang Yosua, Orang dengan HIV/AIDS dari Papua yang didokumentasikan dalam projek Saya Positif oleh Andri Tambunan.

Ketika saya pertama kali sakit, saat itu badan saya demam tinggi,  saya kehilangan nafsu makan, dan tidak bisa tidur.  Sebelum sakit, berat badan saya 65kg.  Tapi setelah mengalami sakit yang mendadak, berat badan saya turun hingga 40kg.

Saya terbebani dengan begitu banyak kesedihan yang mendalam.  Kemudian saya bertanya kepada dokter, "Sebetulnya penyakit apa yang saya derita?  Tolong beri tahu saya karena saya tidak mengerti." 

Lalu saya menanyakan hal yang sama ke mama saya dan saya mengatakan yang sejujurnya kepada mama saya bahwa saya takut semua orang akan menolak saya.  Tapi mama saya berkata, "Hal terpenting adalah bahwa kamu harus tetap termotivasi dan sehat, dan saya akan selalu mendukung kamu."
              
Orang tua saya selalu mendorong saya untuk pergi ke dokter, lalu pada tahun 2010 saya pun mulai mengkonsumsi ARV (obat Antiretroviral).  Saya tidak mencari pengobatan alternatif dan saya tidak bisa mengabaikan untuk mengkonsumsi ARV karena ia ibarat teman dalam kehidupan saya. 

Dengan mengkonsumsi ARV, kesehatan saya membaik, berat badan kembali seperti semula, dan sekarang bisa kembali melakukan aktivitas rutin saya sehari-hari.

Di rumah, saya mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga, seperti memasak, mencuci piring dan pakaian.  Kalau di dapur ada bahan-bahan seperti sayuran dan ikan, biasanya saya akan memasak makanan favorit keluarga dengan resep olahan saya sendiri. 

Saya hobi bikin kue dan saya hampir bisa bikin kue apapun.  Saya punya cita-cita yang saat ini belum terpenuhi tapi saya yakin suatu saat nanti saya akan membuka sebuah restoran.

Saya ingin semua orang tahu bahwa meskipun saya positif HIV, saya masih sehat. Untuk semua teman-teman dengan HIV yang saat ini masih hidup dalam persembunyian dan takut untuk pergi ke klinik terdekat atau ke rumah sakit, saya mendorong kalian untuk datang dan bergabung bersama kami.


Saya Positif memuat tujuh profil individu-individu dengan HIV positif.  Namun, bertentangan stereotipe negatif, ketujuh profil ini justru menampilkan sisi yang sebaliknya; mereka kuat, sehat, produktif, tangguh, dan penuh akan harapan.

Mereka adalah sosok para orangtua yang penuh pengabdian, seorang anak laki-laki dan anak perempuan yang penuh kasih, anggota masyarakat yang memiliki peran serta kontribusi untuk keluarga dan komunitas.  

Kesaksian dan testimoni mereka tidak hanya menjadi sumber inspirasi tapi juga bukti nyata akan pentingnya melawan kesalahpahaman yang selama ini berada di tengah masyarakat yang membantu melawan stigma dan diskriminasi di Tanah Papua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com