Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi: Orang yang Punya Tujuan Hidup Tidur Lebih Nyenyak

Kompas.com - 14/04/2024, 10:15 WIB
Fadila Rosyada Hariri,
Khairina

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah penelitian baru menyoroti hubungan antara memiliki tujuan hidup dan arti yang jelas dengan kualitas tidur yang lebih baik.

Melansir Medical Daily, dalam jurnal Sleep Science and Practice, peneliti melihat dua studi tentang penuaan.

Dalam studi ini, 825 peserta dengan usia antara 61 hingga 100 tahun, sebagian besar perempuan dan sebagian besar orang Afrika-Amerika, dilibatkan.

Hasilnya menunjukkan, peserta yang merasa memiliki lebih banyak makna dan tujuan dalam hidup mereka cenderung bisa merasakan tidur nyenyak dan lebih sedikit mengalami sleep apnea.

Baca juga: Manfaat Tidur Cukup, Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Penelitian juga menunjukkan bahwa peserta dengan perasaan tujuan hidup yang lebih tinggi cenderung lebih sehat secara keseluruhan.

Penulis studi Dr. Arlener D. Turner mengatakan "Ini semua tentang memiliki arahan dan fokus pada apa yang Anda lakukan dalam hidup Anda dan merasa bahwa hidup Anda memiliki makna dan tujuan."

Melalui tindak lanjut dengan peserta selama beberapa tahun, penelitian ini menunjukkan bahwa memiliki tujuan hidup yang jelas dapat memiliki dampak jangka panjang.               

Temuan ini diharapkan dapat digunakan untuk mengembangkan pilihan pengobatan baru bagi mereka yang mengalami gangguan tidur.

Menurut Turner, manfaat dari kehidupan yang bermakna tidak hanya terbatas pada kebiasaan tidur. Orang yang merasa puas dengan hidup mereka cenderung memiliki kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan.

Baca juga: Menemukan Tujuan Hidup, Menuju Hidup Bahagia

"Apa yang kami lihat adalah bahwa individu yang memiliki tingkat tujuan hidup yang lebih tinggi juga memiliki perilaku yang lebih sehat," katanya.

Menurut penelitian Cohen, orang dengan tujuan rendah memiliki risiko lebih tinggi untuk menderita stroke, serangan jantung, atau penyakit arteri koroner.

Ini mungkin disebabkan oleh fakta bahwa orang-orang dengan tujuan hidup cenderung lebih memperhatikan perawatan diri mereka, seperti rutin berkonsultasi dengan dokter dan berolahraga, menurut Turner.

Menjadi sukarelawan, mengejar pekerjaan yang memenuhi hasrat, dan mengejar hobi dapat menjadi cara-cara untuk menambahkan lebih banyak tujuan dalam hidup Anda.

Baca juga: Apakah Kurang Tidur Bisa Stroke? Ini Penjelasan Ahli...

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com