Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Keselamatan, Hindari Meletakkan Ponsel di "Dashboard"

Kompas.com - 14/12/2015, 18:35 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber yahoo.com

KOMPAS.com - Demi keselamatan berkendara, mungkin Anda sudah sering mendengar nasihat agar tak memainkan ponsel selama menyetir. Sehingga, teknologi hands-free untuk menerima telepon atau mengirim pesan dengan perintah suara dianggap sebagai pilihan aman.

Sayangnya, sebuah studi terbaru mengungkap, jangankan menerima telepon atau mengirim pesan, walau tak digunakan, kehadiran ponsel di tempat yang bisa Anda lihat, seperti dashboard, bisa menurunkan konsentrasi mengemudi.

Itulah hasil studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of Utah. Untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat, mereka melakukan dua studi yang ditujukan untuk AA Foundation for Traffic Safety.

Kedua studi melibatkan sekitar 300 peserta yang memilih untuk meletakkan ponsel di dashboard mobil atau tempat yang mudah terjangkau.

Para peneliti menemukan, meletakkan ponsel di tempat yang terjangkau nyatanya membuat para pemilik menjadi “tergoda” untuk menggunakan perintah suara pada ponsel untuk menelpon, mengirim pesan, bahkan memutar musik.

Tingkat gangguan yang disebabkan oleh tiap ponsel cukup bervariasi, tergantung cepat atau lambatnya respons ponsel, lama pemakaian, bahkan gangguan masih berlangsung sekitar 15 detik sampai 27 detik setelah kegiatan tersebut selesai dilakukan.

Para peneliti juga menemukan bahwa tiga asisten pribadi smartphone, yaitu Google Now, Apple Siri, dan Microsoft Cortana bisa sangat mengganggu konsentrasi pengemudi, bahkan ketika digunakan di lampu merah.

Di Amerika sendiri sudah lebih dari 3.000 orang tewas pada tahun 2013 dalam kecelakaan mobil terkait dengan terganggunya konsentrasi dan 424.000 lainnya terluka, menurut laporan US Department of Transportation.

Mayoritas negara bagian di Amerika telah melarang penduduknya untuk menggunakan ponsel saat mengemudi, dan banyak produsen mobil telah menambahkan fitur baru berupa hands-free untuk memenuhi permintaan konsumen.

Tetapi, penulis utama studi David Strayer, PhD, seorang profesor kognisi dan ilmu saraf di University of Utah, mengatakan bahwa fitur baru ini sebenarnya tidak membantu.

“Walau terlihat lebih aman ketimbang Anda memegang ponsel, tidak berarti teknologi itu aman untuk digunakan," katanya.

Para peneliti merekomendasikan untuk berhenti sejenak bila Anda ingin menerima panggilan telepon atau mengirim pesan. Bila tidak, matikan ponsel dan letakkan di dalam tas, aktifkan setelah Anda selesai mengemudi demi keamanan berkendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com