Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/12/2015, 15:01 WIB

KOMPAS.com - Sebagian pasien kanker menempuh upaya nonmedis untuk mengatasi penyakit itu. Padahal, upaya itu tak bisa mengobati kanker meski didiagnosis pada stadium awal. Karena itu, pengobatan mesti dengan cara medis agar kanker tak bertambah parah.

 

Ketua Komite Penanggulangan Kanker Nasional Soehartati Gondhowiardjo memaparkan hal itu menanggapi maraknya penawaran pengobatan nonmedis bagi pasien kanker, Jumat (18/12), di Jakarta.

 

Soehartati mengatakan, kesadaran pasien kanker untuk menjalani pengobatan yang benar belum sepenuhnya terbangun. Mereka umumnya menjalani upaya nonmedis lebih dulu sebelum pengobatan medis. Akibatnya, saat berobat ke dokter, kanker yang diderita sudah stadium lanjut.

 

Memang ada upaya nonmedis bersifat komplementer dalam terapi kanker. Namun, upaya itu harus lebih dulu dibuktikan tak berdampak negatif pada pengobatan medis yang dijalani. "Kebanyakan obat yang lolos Badan Pengawas Obat dan Makanan sebagai suplemen, tapi disebut sebagai obat anti kanker," katanya.

 

Saat kanker stadium lanjut, terapi lebih rumit dan menelan biaya hingga lima kali dibandingkan pada stadium awal. Jika diterapi secara medis sejak dini, keberhasilan bertahan lima tahun lebih berkisar 90-95 persen.

 

Tanpa harapan

 

Sejauh ini, sebagian orang menganggap kanker sebagai penyakit tanpa harapan atau pasti berakhir dengan kematian. Pengobatannya pun mahal. Dalam kondisi itu, muncul banyak iklan terapi kanker menyesatkan sehingga banyak pasien memilih upaya nonmedis untuk mengatasinya.

 

Menurut Hardina Sabrina, Kepala Instalasi Deteksi Dini dan Onkologi Sosial Rumah Sakit Kanker Dharmais, berdasarkan 10 besar jenis kanker, 3.000 pasien baru berobat ke RS Dharmais pada 2014, naik dibandingkan 2013 yang sekitar 2.200 pasien. Dari jumlah itu, 60-70 persen stadium lanjut, 44 persen stadium III, dan 32 persen stadium IV. "Kebanyakan pasien berobat ke pengobatan alternatif sebelum ke dokter," ujarnya.

 

Dewi Yulita (44), penyintas kanker dari Bekasi, menuturkan, pada 1997 ia didiagnosis kanker tiroid, lalu berobat hingga tuntas. Saat divonis kanker payudara stadium IIB pada 2005, ia memilih upaya nonmedis karena trauma dengan operasi, tetapi kondisinya memburuk dan naik jadi stadium IIIB dalam lima bulan. Ia akhirnya menjalani kemoterapi, operasi, dan radiasi.

 

Karena sudah stadium lanjut, kanker menyebar ke paru dan otak kecil. Setelah melakukan terapi medis, enam tahun ia menjadi penyintas. (ADH)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com