Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/04/2016, 08:25 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Penelitian baru dari University of Birmingham menunjukkan, bahwa vaksinasi flu lebih efektif jika diberikan di pagi hari. Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Vaccine ini, mengatakan bahwa pemberian vaksinasi di pagi hari, akan memberi manfaat lebih besar, dan dengan demikian respon antibodi lebih protektif.

 

Dari 24 analisa yang dilakukan oleh West Midlands di UK antara tahun 2011 sampai 2013, ditemukan sebanyak 276 orang dewasa berusia di atas 65 divaksinasi terhadap tiga strain influenza, pada pagi (9-11 pagi) dan sore (3-5 pm).

 

Hasilnya, kelompok pagi merasakan peningkatan konsentrasi antibodi yang lebih besar, satu bulan setelah vaksinasi, dibandingkan dengan mereka dalam kelompok sore.

 

Dr Anna Phillips, Principal Investigator dari School of Sport, Exercise and Rehabilitation Sciences Universitas Birmingham menjelaskan, "Kita tahu bahwa ada fluktuasi respon imun sepanjang hari. Kami memeriksa apakah fluktuasi ini akan meluas ke respon antibodi terhadap vaksinasi. Kami menemukan bahwa vaksinasi pagi menghasilkan respon yang lebih efisien.”

 

“Keefektifan ini tidak hanya akan membantu dalam strategi pemberian vaksinasi flu, tapi mungkin memberikan petunjuk untuk meningkatkan strategi vaksinasi secara umum, " jelas Phillips.

 

Vaksinasi influenza adalah bagian dari program vaksinasi musiman yang dilakukan di banyak negara, dengan fokus khusus pada pasien berusia di atas 65 tahun.

 

Virus influenza bertanggung jawab terhadap 250.000 sampai 500.000 kematian setiap tahun di seluruh dunia. Penurunan kekebalan terkait usia, mengurangi kemampuan orang dewasa untuk menghasilkan respon antibodi yang cukup setelah vaksinasi.

 

Intervensi lainnya untuk meningkatkan hasil vaksinasi telah dicoba dengan keberhasilan yang terbatas, termasuk rutinitas latihan dan aditif untuk vaksin itu sendiri.

 

Profesor Janet Lord, co-investigator studi dari Institute of Inflammation and Ageing di University of Birmingham, mengatakan, "Jumlah sumber daya yang signifikan, digunakan untuk mencoba dan mencegah infeksi flu setiap tahun, terutama pada orang tua. Tapi, hanya setengahnya yang efektif. Hasil penelitian kami menunjukkan, bahwa dengan menggeser waktu vaksinasi, kita dapat meningkatkan efisiensi tanpa biaya tambahan. "

 

Penelitian ini akan diteruskan dalam skala lebih besar. Hal ini penting untuk melihat apakah strategi vaksinasi pada pagi hari memang benar bermanfaat bagi orang usia 65 ke atas, termasuk orang-orang dengan kondisi seperti diabetes, penyakit hati dan ginjal.

 

Tim peneliti juga akan melihat apakah strategi vaksinasi pagi, efektif untuk vaksin pneumokokus yang berfungsi untuk melindungi manusia dari penyakit pneumonia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com