Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Sebab Paha Tak Kunjung Ramping Meski Berolahraga

Kompas.com - 08/05/2016, 16:09 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Anda sudah melakukan latihan squat dan leg extension lebih dari yang Anda bisa, tapi tidak peduli seberapa keras Anda mencoba, paha Anda tak kunjung kencang. Mungkin, penyebabnya adalah faktor genetika, sebagian dari kita dilahirkan dengan sel lemak lebih banyak daripada sel-sel otot, kata Wayne Westcott, PhD, direktur riset olahraga di Quincy College.

Tetapi bahkan jika itu yang terjadi, bukan berarti Anda harus mengucapkan selamat tinggal pada impian memiliki paha yang kencang. Bisa jadi, kesalahannya ada pada cara Anda berlatih. Inilah tujuh kesalahan umum mengapa paha kita tak kunjung menjadi indah walau sudah melalui banyak sesi latihan.


ANDA TIDAK REALISTIS

Anda tidak dapat mengubah ukuran paha Anda hanya dengan beberapa kali latihan. "Orang-orang berpikir, dengan pergi ke gym selama dua minggu, otot kaki akan langsung terbentuk," kata Thrive pelatih di Sean De Wispelaere.

Jika Anda melatih kekuatan tubuh bagian bawah Anda tiga kali seminggu, Anda baru akan mulai melihat perubahan dalam waktu sekitar empat sampai enam minggu, katanya.


DIET ANDA TIDAK SANGAT MENGUNTUNGKAN PAHA ANDA

"Untuk benar-benar mengubah tubuh Anda, hal pertama yang wajib Anda perhatikan adalah gizi Anda," kata De Wispelaere.

"Protein, sayur, buah, dan lemak baik, tidak di luar itu." Protein sangat penting untuk membangun otot sambik memercepat metabolisme, sehingga proses peluruhan lemak juga menjadi lebih cepat.


ANDA TIDAK MELAKUKAN CUKUP KARDIO

Jika Anda melatih tubuh bagian bawah Anda tiga kali seminggu dan masih tidak melihat hasil apapun, tambahkan latihan kardio ke dalam rutinitas harian Anda.

Tidak memiliki cukup waktu? Coba latihan spinning, kayuhannya dapat membakar 420-780 kalori per jam. Alternatif lain adalah naik tangga, yang 25 persen lebih efektif dibanding berjalan di permukaan datar.


ANDA TIDAK MELAKUKAN CLOCKWORK LUNGES

Ini adalah latihan sederhana, dapat dilakukan di rumah, dan tanpa alat apapun namun efektif untuk kaki, bokong, dan paha, dan untuk menyingkirkan selulit.

"Sejalan usia, kita akan kehilangan massa otot," kata Westcott. "Saat lapisan otot menjadi lebih tipis dan lemah, lapisan lemak di atasnya akan kehilangan dasar yang stabil. Hasilnya, paha menjadi berkerut dan keriput." Latihan clockwork lunges secara rutin dapat memperbaiki hal tersebut.


ANDA MENGABAIKAN LATIHAN BAGIAN KAKI YANG LAIN

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com