Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/06/2016, 04:28 WIB
Lily Turangan

Penulis

Sumber SELF

KOMPAS.com - Tidak ada yang yang suka menderita sembelit. Rasanya sangat ingin ke toilet, tapi tak berdaya karena semuanya tertahan di dalam. Tubuh Anda seperti mengkhianati Anda. Apa yang harus Anda lakukan?

Mengetahui penyebabnya adalah bagian dari pencegahan. Setelah itu, baru Anda mencari tahu apa yang bisa membantu Anda mengakhiri penderitaan tersebut. Terkadang, hal-hal sederhana di dapur Anda bisa memberi bantuan yang diperlukan. Contohnya seperti di bawah ini.

 

1. Biji-bijian dan gandum
Keduanya sarat serat, yang adalah sahabat sistem pencernaan Anda. "Ada dua jenis serat, yang larut dan tidak larut air. Keduanya bisa membantu mengatasi sembelit," kata Nitin Kumar, M.D., dokter yang menggeluti bidang manajemen berat badan dan pencernaan.

Tubuh Anda tidak dapat mencerna serat tidak larut, fungsinya adalah menjaga keteraturan kerja usus. Serat tidak larut terdapat dalam biji-bijian, seperti gandum utuh.

Di sisi lain, serat larut, berubah menjadi gel ketika kontak dengan air. Fungsinya adalah membantu melunakkan kotoran, sehingga lebih mudah dikeluarkan.

 

2. Air
Meningkatkan asupan serat tidak akan efektif jika tidak dibarengi cukup air. Tanpa air yang cukup, usus Anda akan menyerap air dari feses, sehingga lebih sulit bagi Anda untuk mengeluarkannya. Intinya, dehidrasi dapat menyebabkan sembelit, kata Kumar.

 

3. Kacang hijau
Kacang yang satu ini memiliki serat tidak larut, berbeda dari anggota lain kacang-kacangan yang lain.

Banyak kacang-kacangan memiliki kedua jenis serat dan dapat membuat perut terasa kembung, kata Kumar. Itu karena mereka mengandung oligosakarida, sejenis gula yang susah dicerna.

"Bakteri dalam perut Anda mencoba untuk menghancurkan mereka, dan itulah yang membuat perut menghasilkan gas dan menjadi kembung," jelas Lauren Harris-Pincus, M.S., R.D.N., pemilik Nutrition Starring You.

Kandungan oligosakarida dalam kacang hijau lebih sedikit dibanding jenis kacang-kacangan yang lain, sehingga lebih bisa ditoleransi oleh pencernaan Anda.

 

4. Buah-buahan dan sayuran segar atau beku

Selama buah dan sayuran tidak dikuliti (terutama buah), maka mereka mengandung banyak serat yang dibutuhkan untuk mengatasi sembelit. Mengonsumsi buah dan sayur segar secara teratur setiap hari akan mencegah sembelit datang menyerang Anda.

 

5. Buah kering
Buah kering mengandung banyak sorbitol atau gula alkohol, kata Harris-Pincus. Meski banyak ahli lebih merekomendasikan buah segar, karena buah kering lebih banyak mengandung gula (yang bisa membuat lingkar pinggang bertambah) namun jika dalam keadaan sembelit, buah kering bisa dikategorikan sebagai obat yang ampuh.

Sorbitol memiliki efek pencahar, sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan yang tersumbat, kata Kumar.

 

6. Kopi
Telah banyak orang mengetahui, bahwa kopi juga memiliki efek diuretik dan pencahar, bisa membuat Anda ingin bolak-balik ke toilet.

"Kafein merangsang usus untuk bergerak," kata Kumar. Kopi juga dapat memengaruhi kandung empedu, membantu tubuh Anda lebih cepat mencerna makanan yang masuk. Walhasil, proses harian Anda pergi ke toilet bisa berjalan lebih lancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com