Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

Kompas.com - 27/12/2021, 19:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Penyakit kolesterol tinggi adalah salah satu masalah kesehatan yang perlu diwaspadai.

Tingginya kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah rawan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Melansir Everyday Health, kadar kolesterol total orang dewasa normalnya di bawah 200 mg/dL.

Jika hasil pemeriksaan kesehatan menunjukkan kadar kolesterol Anda di atas normal, saatnya mengupayakan beberapa langkah sehat untuk menurunkannya. Simak penjelasan berikut.

Baca juga: Apakah Penyakit Kolesterol Bisa Sembuh Total?

Cara menurunkan kolesterol dengan cepat

Cara menurunkan kolesterol dengan cepat membutuhkan kombinasi perubahan pola makan, olahraga rutin, sampai menjaga berat badan agar tetap ideal.

Dilansir dari WebMD, berikut beberapa di antaranya:

  • Hindari gorengan dan segala jenis makanan tinggi lemak jahat

Gorengan dan makanan yang mengandung lemak jahat seperti susu full cream, keju, segala jenis kue, kue kering, pizza, makanan yang dibuat dari margarin dan mentega, makanan cepat saji, serta frozen food perlu dihindari.

  • Jaga berat badan badan agar tetap ideal

Jika Anda kelebihan berat badan, memangkas berat badan empat kilogram dengan perubahan pola makan dan olahraga bisa menurunkan kolesterol jahat sampai delapan persen. Setelah itu, jaga berat badan agar tetap ideal.

  • Rutin olahraga

Olahraga selama 2,5 jam per minggu dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida. Segera bangun rutinitas sehat ini. Tak perlu muluk-muluk. Mulailah dengan jalan kaki 10 menit setiap hari, lalu tingkatkan secara bertahap intensitasnya.

Baca juga: 14 Obat Kolesterol Alami dari Buah dan Sayuran

  • Tambahkan asupan serat

Makanan tinggi serat seperti oatmeal, kacang-kacangan, apel, pir, brokoli kaya akan serat larut yang bisa mencegah penyerapan kolesterol dalam darah. Studi menunjukkan, orang dewasa yang makan serat 35 sampai 40 gram setiap hari kadar kolesterolnya lebih terkontrol.

  • Ganti daging merah dengan ikan

Ubah kebiasaan mengonsumsi daging merah dengan makan ikan yang kaya omega 3 seperti ikan kembung, salmon, tuna, atau sarden segar. Pastikan cara memasaknya juga sehat. Hindari ikan yang digoreng karena bisa membuat kolesterol melonjak.

  • Konsumsi minyak zaitun

Jika Anda gemar mengonsumsi tumisan atau makanan yang mengandung mentega, ganti asupan tinggi lemak jenuh ini dengan minyak zaitun. Lemak baik yang terkandung dalam minyak zaitun dapat mengurangi kolesterol jahat.

  • Konsumsi rempah

Rempah-rempah seperti bawang putih, temulawak, jahe, lada hitam, ketumbar, kayu manis dapat membantu menurunkan kolesterol. Selain itu, rempah-rempah juga bisa mencegah seseorang makan berlebihan sehingga berat badan lebih terkontrol.

Baca juga: Asam Urat dan Kolesterol Tinggi Berkaitan Erat, Begini Baiknya…

  • Kendalikan stres

Selain menjaga pola makan, stres juga bisa jadi penyebab kolesterol tinggi. Untuk itu, jaga pikiran agar tetap rileks. Anda bisa mengerjakan hobi yang menyenangkan seperti membaca buku, mendengarkan musik, ngopi bersama teman, atau yoga selepas beraktivitas.

  • Setop merokok

Kebiasaan merokok dan sering terpapar asap rokok dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Untuk itu, perokok sebaiknya setop merokok dan minimalkan paparan asap rokok bagi perokok pasif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com