Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih dan Menggunakan Sampo untuk Menghilangkan Ketombe

Kompas.com - 23/02/2023, 10:30 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Ketombe sering kali menimbulkan rasa khawatir dan tidak percaya diri karena sulit sekali untuk dihilangkan.

Padahal, menggunakan sampo anti-ketombe bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk menghilangkan ketombe jika digunakan secara tepat.

Simak beberapa tips memilih dan menggunakan sampo untuk menghilangkan ketombe berikut ini.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Ketombe, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Memilih sampo untuk menghilangkan ketombe

Dilansir dari Mayo Clinic, ketombe yang menyebabkan rasa gatal dan munculnya serpihan kulit selalu bisa diatasi.

Menggunakan sampo yang berbahan lembut biasanya bisa menghilangkan ketombe yang tidak terlalu parah.

Namun jika tidak berhasil, Anda bisa memilih sampo anti-ketombe yang mengandung bahan tertentu dan menggunakannya secara bergantian dengan sampo biasa.

Beberapa orang mungkin tidak cocok dengan bahan tertentu, sehingga perlu mencoba beberapa sampo agar bisa menemukan salah satu yang paling efektif.

Menurut Mayo Clinic, ada beberapa bahan yang perlu dipertimbangkan ketika memilih sampo untuk menghilangkan ketombe, seperti:

  • Sampo dengan kandungan zinc pyrithione atau seng pirition yang ampuh untuk melawan bakteri dan jamur
  • Sampo dengan kandungan tar yang berfungsi untuk memperlambat proses pengelupasan sel kulit mati, namun bisa menyebabkan perubahan warna pada Anda yang memiliki rambut terang dan membuat kulit kepala lebih sensitif terhadap sinar matahari sehingga perlu digunakan secara hati-hati
  • Sampo dengan kandungan asam salisilat yang berfungsi untuk menghilangkan sel kulit kepala yang bersisik
  • Sampo dengan kandungan selenium sulfida yang memiliki kandungan anti-jamur yang juga bisa menyebabkan perubahan warna pada rambut sehingga perlu digunakan sesuai dengan aturan yang diberikan
  • Sampo dengan kandungan ketoconazole yang berguna untuk melawan jamur yang menjadi penyebab ketombe di kulit kepala
  • Sampo dengan kandungan fluocinolone yang mengandung kortikosteroid sehingga bisa mengurangi rasa gatal, pengelupasan sel kulit mati, dan iritasi

Memilih sampo anti-ketombe yang tepat memerlukan waktu yang tidak sebentar dan perlu menggantinya secara berkala karena efektivitasnya bisa berkurang setelah beberapa kali penggunaan.

Ketika ketombe sudah semakin berkurang karena sampo anti-ketombe, Anda juga disarankan untuk mengurangi frekuensi penggunaanya karena beberapa bahan akan terlalu keras untuk kulit kepala.

Baca juga: 6 Penyebab Timbul Ketombe yang Perlu Diperhatikan

Cara keramas yang benar dengan sampo anti-ketombe

Selain memilih sampo anti-ketombe dengan kandungan bahan yang sesuai, menggunakannya dengan cara yang tepat akan menambah efektivitasnya.

Menurut American Academy of Dermatology Association (AAD), ada beberapa cara keramas yang benar dengan sampo anti-ketombe agar dapat berkerja efektif untuk membasmi ketombe, seperti:

  • Mengikuti instruksi yang ada di kemasan sampo karena kandungan bahan yang dimiliki berbeda sehingga cara menggunakannya juga berbeda dengan jenis sampo lainnya
  • Keramas menggunakan sampo biasa setiap hari dan hanya menggunakan sampo anti-ketombe setiap dua kali seminggu untuk mencegah penumpukan keringat jika Anda berasal dari Etnis Kaukasia dan Asia, berambut lurus, atau berminyak
  • Keramas seminggu sekali menggunakan sampo anti-ketombe agar kulit kepala tidak terlalu kering jika Anda berasal dari Etnis Afrika-Amerika, memiliki rambut yang keriting, terlalu kering, atau kaku
  • Lebih berhati-hati ketika keramas dengan sampo yang mengandung tar dan menggunakan pelindung kepala ketika di luar ruangan, seperti menggunakan topi, karena jenis sampo ini membuat kulit kepala lebih sensitif terhadap sinar matahari

Ketombe biasanya bukan merupakan masalah kesehatan yang serius dan bisa dihilangkan tanpa bantuan medis.

Namun jika sudah mengikuti beberapa tips memilih dan menggunakan sampo untuk menghilangkan ketombe tersebut dan kondisinya tidak semakin membaik, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Hindari melakukan diagnosis pribadi atau menggunakan bahan-bahan yang belum tentu aman untuk menghilangkan ketombe karena bisa berbahaya untuk kesehatan.

Baca juga: 7 Jenis Sampo Sesuai dengan Kondisi Rambut yang Berbeda

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com