Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/03/2023, 13:30 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Warna rambut yang menjadi putih disebabkan oleh produksi melanin yang semakin berkurang seiring dengan berjalannya usia sehingga sangat wajar ditemui pada orang-orang yang berusia di atas 30-an.

Namun, ada beberapa penyebab rambut ubanan di usia muda, seperti faktor genetik, stres, kekurangan vitamin, hingga memiliki kebiasaan merokok.

Ternyata, uban bisa kembali menjadi hitam atau ke warna asli rambut jika penyebabnya bukan faktor genetik. Berikut penjelasannya.

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Uban sampai ke Akarnya, Jangan Sembarangan Dicabut

Apakah uban bisa kembali menjadi hitam?

Dilansir dari Healthline, rambut yang beruban bisa berubah menjadi hitam kembali atau ke warna asli rambut ketika Anda melakukan pola hidup sehat yang akan mendukung kesehatan folikel rambut.

Bahkan menurut penelitian yang disarikan WebMD, rambut beruban yang disebabkan oleh stres bisa kembali menjadi hitam dengan mengurangi stresor atau penyebab stres.

Menurut penelitian tersebut, folikel rambut akan menerima berbagai sinyal serta zat kimia yang dikirimkan oleh tubuh, termasuk hormon stres, sebelum akhirnya menumbuhkan rambut.

Ketika tubuh memiliki hormon stres yang berlebihan, rambut akan berubah warna menjadi putih.

Namun, ketika hormon stres di dalam tubuh sudah berkurang, rambut akan kembali menjadi hitam atau ke warna alami rambut.

Baca juga: Kenapa Uban Tidak Boleh Dicabut? Berikut Penjelasannya

Cara mengembalikan warna alami rambut

Mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan menghindari hal-hal yang memicu rambut ubanan, seperti merokok dan stres, bisa memperlambat dan bahkan mengembalikan warna alami rambut.

Disarikan dari Healthline, ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengembalikan warna rambut seperti semula, seperti:

  • Mengonsumsi nutrisi yang mendukung kesehatan folikel rambut sehingga bisa memproduksi melanin yang dibutuhkan, seperti kalsium, tembaga atau copper, zat besi, protein, vitamin B-5, B-6, B-12, D, dan zinc
  • Menghentikan kebiasaan merokok yang bisa meningkatkan risiko ubanan di usia muda, khususnya sebelum usia 30 tahun
  • Menghindari penyebab stres dan melakukan kegiatan relaksasi, seperti meditasi dan yoga
  • Berolahraga secara teratur

Beberapa cara tersebut akan mendukung produksi melanin pada folikel rambut sehingga uban kembali menjadi hitam atau sesuai dengan warna alami rambut.

Namun, Anda tetap disarankan untuk mencari bantuan medis ketika rambut tiba-tiba memutih dan penyebabnya bukan faktor genetik karena bisa jadi dipicu oleh kondisi medis tertentu yang perlu ditangani dengan segera.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Uban Secara Alami agar Tidak Tumbuh Lagi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com