Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/04/2023, 15:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Microdontia atau gigi yang tumbuh secara tidak normal dan memiliki ukuran yang lebih kecil dari ukuran gigi di sekitarnya.

Gigi kecil perlu segera ditangani karena akan membuat gigi bercelah dan meningkatkan risiko kerusakan gigi di sekitarnya.

Kondisi ini bisa diatasi dengan berbagai prosedur medis, mulai dari pemasangan mahkota atau crown gigi hingga menggunakan dental bonding. Untuk lebih jelasnya, ketahui cara mengatasi gigi kecil berikut ini.

Baca juga: 14 Penyebab Gigi Kecil dan Cara Mengatasinya

Cara mengatasi gigi kecil

Disarikan dari Healthline dan ClevelandClinic, ada beberapa cara mengatasi gigi kecil yang akan diberikan, seperti:

  • Melapisi gigi kecil dengan veneer

Dental veneer atau veneer gigi adalah lapisan dari porselen atau resin komposit yang akan diaplikasikan pada permukaan gigi yang berukuran kecil.

Namun, veneer hanya akan diaplikasikan pada gigi yang sehat atau tidak memiliki lubang serta penyakit gusi.

Veneer yang diaplikasikan pada gigi yang kecil hanya akan memperbaiki penampilan, namun tidak bisa menambah kekuatan atau memperbaiki gigi sepenuhnya.

Baca juga: 5 Cara Merapatkan Gigi yang Renggang

  • Memasang mahkota gigi

Dental crown atau crown gigi untuk mengatasi kondisi gigi dengan ukuran di bawah normal melibatkan pemasangan selubung gigi palsu pada gigi.

Berbeda dengan veneer, mahkota gigi yang dipasang akan melapisi seluruh bagian gigi, mulai dari bagian depan hingga belakang.

Untuk melakukan prosedur pemasangan dental crown, gigi yang kecil akan dibentuk terlebih dahulu agar muat dipasangi dengan selubung gigi tersebut.

Selain memperbaiki penampilan gigi, pemasangan mahkota gigi juga akan menambah kekuatan gigi yang berukuran kecil.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Gigi yang Berlebihan

  • Mengaplikasikan dental bonding

Dental bonding adalah prosedur medis yang akan melapisi gigi dengan resin komposit sehingga akan mempercantik penampilan.

Prosedur dental bonding tidak melibatkan pembuangan enamel atau lapisan terluar gigi untuk membentuknya.

Namun, gigi yang berlubang, memiliki penyakit gusi, atau gangguan gigi lainnya perlu melakukan perawatan untuk mengatasi kondisi tersebut terlebih dahulu sebelum melakukan prosedur dental bonding.

Meskipun ada beberapa cara mengatasi gigi kecil yang bisa dicoba tersebut, penyebab umumnya adalah gangguan kesehatan tertentu, seperti sindrom Down, sindrom Turner, hingga bibir sumbing.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui penyebab gigi kecil untuk bisa mendapatkan perawatan serta pengobatan yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan yang dialami.

Baca juga: 4 Cara Meluruskan Gigi yang Bengkok

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com