Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/07/2023, 12:01 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Scabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh kutu yang menggali ke dalam kulit sehingga menyebabkan rasa gatal dan tidak nyaman.

Scabies dapat menular dengan mudah melalui kontak kulit dengan penderita. Bahkan, penderita yang belum mengalami gejala apapun dapat menularkannya ke orang lain.

Kutu scabies dapat diatasi dengan melakukan perawatan dan pengobatan secara medis. Selain itu, membersihkan ruangan dan peralatan pribadi juga diperlukan.

Untuk lebih memahaminya, simak cara membunuh kutu scabies secara medis dan alami berikut ini.

Baca juga: Apakah Scabies Bisa Sembuh Sendiri? Berikut Penjelasannya…

Cara membunuh kutu scabies secara medis

Melansir Mayo Clinic, kutu dan telur scabies yang bersarang di kulit dapat dibunuh dengan mengoleskan krim atau mengonsumsi obat oral.

Krim dan obat oral tersebut hanya tersedia dengan resep dokter dan penggunaannya perlu diawasi sehingga dapat mengatasi scabies secara efektif.

Krim atau losion yang diberikan perlu dioleskan di seluruh badan, atau dari leher hingga ujung kaki.

Namun, anak-anak atau bayi yang mengalami scabies perlu mengoleskan krim atau losion tersebut di seluruh badan serta di area wajah dan kulit kepala.

Krim atau losion tersebut perlu dibiarkan atau tidak dibilas selama 8-14 jam dan beberapa penderita perlu mengoleskannya kembali hingga dua atau tiga kali.

Berikut adalah beberapa jenis obat yang akan diberikan sebagai salah satu cara membunuh kutu scabies secara medis yang akan diberikan.

  • Krim Permethrin

Krim Permethrin adalah obat scabies yang mengandung bahan kimia dan berguna untuk membunuh kutu serta telur scabies.

Penggunaan krim ini cenderung aman digunakan untuk orang dewasa, ibu hamil atau menyusui, dan anak-anak berusia di atas dua bulan.

  • Krim sulfur

Krim sulfur dapat dioleskan di malam hari dan dibilas di keesokan harinya, serta diulangi untuk digunakan selama lima hari berturut-turut.

Penggunaan krim ini juga aman untuk ibu hamil dan anak-anak berusia di bawah dua bulan.

  • Obat oral Ivermectin

Obat oral Ivermectin yang akan diberikan ketika pengobatan topikal dengan krim atau losion tidak bisa mengatasi scabies.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com