Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Scabies Bisa Sembuh Sendiri? Berikut Penjelasannya…

Kompas.com - 25/07/2023, 06:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Scabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei yang menyebabkan rasa gatal yang sangat parah. Namun, apakah scabies bisa sembuh sendiri?

Ternyata, scabies tidak bisa sembuh dengan sendirinya dan perlu perawatan secara medis untuk mematikan telur dan tungau scabies.

Untuk itu, simak penjelasan serta cara mengobati scabies berikut ini.

Baca juga: Cara Mengobati Scabies pada Manusia secara Alami dan Pakai Obat

Apakah scabies bisa sembuh sendiri?

Ternyata, scabies tidak bisa sembuh sendiri. Bahkan, tungau scabies yang hidup di dalam kulit tahan dengan sabun dan air panas, serta tidak bisa digosok agar keluar dari dalam kulit.

Melansir NHS Inform, scabies yang tidak diobati dengan segera dapat ditularkan ke orang lain melalui kontak kulit dengan penderita.

Bahkan, siklus hidup tungau scabies akan terus berulang ketika pengobatan tidak segera dilakukan.

Pasalnya, telur akan menetas dan scabies jantan dapat naik ke permukaan kulit untuk mencari pasangan.

Tungau scabies jantan kemudian akan mati setelah kawin dan tungau scabies betina akan menggali ke bawah kulit untuk bertelur kembali.

Siklus ini akan berulang sehingga bagian kulit lain akan terinfeksi dengan tungau scabies dan risiko penularan juga akan semakin tinggi.

Aktivitas tungau scabies di dalam kulit akan memicu reaksi alergi, termasuk ketika telur menetas dan ketika tungau mengeluarkan feses.

Akibatnya, penderita scabies akan terus-menerus merasa gatal di area kulit tempat tungau scabies menggigit dan bertelur.

Rasa gatal yang muncul juga akan membuat penderita menggaruk kulitnya sehingga lebih mudah terluka dan rentan mengalami infeksi bakteri.

Ketika kondisi ini dibiarkan, penderita akan mengalami komplikasi lain yang lebih serius, seperti abses.

Baca juga: 4 Ciri-ciri Scabies pada Manusia yang Perlu Diwaspadai

Cara mengobati scabies

Scabies tidak dapat sembuh dengan sendirinya dan diperlukan pengobatan secara medis untuk mematikan telur dan tungau scabies.

Dilansir dari American Academy of Dermatology Association (AAD), pengobatan scabies perlu diberikan untuk penderita dan orang-orang yang melakukan kontak erat dengan penderita.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com