Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Uban Terasa Gatal? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 30/03/2023, 08:15 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Rambut yang beruban akan memicu rasa gatal karena membutuhkan perawatan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan rambut yang tidak beruban.

Ketika perawatan yang diperlukan tersebut tidak didapatkan, rambut beruban akan lebih kering sehingga memicu rasa gatal di kepala.

Untuk lebih jelasnya, ketahui alasan kenapa uban terasa gatal dan cara mengatasinya berikut ini.

Baca juga: Apakah Uban Bisa Kembali Menjadi Hitam?

Kenapa uban terasa gatal?

Menurut WebMD, rambut yang beruban memiliki kutikula yang lebih tipis jika dibandingkan dengan rambut yang masih memiliki warna asli.

Kondisi ini kemudian membuat rambut beruban membutuhkan perawatan ekstra untuk menjaganya dari air, sinar UV, kelembapan, bahan kimia, serta prosedur penataan rambut.

Ketika tidak dirawat dengan baik, rambut akan berubah menjadi lebih kering, mudah patah, dan terasa kasar.

Uban di rambut akan kehilangan minyak alami yang dimilikinya sehingga akan memicu iritasi pada kulit kepala yang terasa sangat gatal.

Sedangkan menurut University of Arkansas for Medical Sciences (UAMS Health), penyebab uban bikin gatal adalah jika dicabut.

Mencabut rambut beruban ini akan melukai folikel dan menyebabkan infeksi sehingga akan memicu kepala gatal karena uban.

Menggaruk area uban dicabut tersebut juga akan menimbulkan luka dan memicu kebotakan karena folikel mengalami trauma sehingga tidak bisa memproduksi rambut lagi.

Baca juga: Kenapa Uban Tidak Boleh Dicabut? Berikut 2 Efek Sampingnya

Cara mengatasi gatal akibat uban di kepala

Rambut yang beruban tidak disarankan untuk dicabut karena bisa memicu rasa gatal pada kulit kepala.

Sedangkan jika rambut yang beruban membuat kulit kepala lebih kering, Anda disarankan untuk melakukan perawatan untuk mengembalikan kelembapan rambut.

Disarikan dari WebMD, ada beberapa cara mengatasi gatal karena uban yang menyebabkan rambut kering, seperti:

  • Menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung pelembap alami, seperti minyak zaitun, gliserin, sorbitol, atau shea butter
  • Melindungi dari panas yang dihasilkan oleh alat penataan rambut dengan mengoleskan krim pelembap pada rambut yang setengah basah
  • Mengenakan topi atau pelindung kepala ketika berada di luar ruangan agar terhindar dari bahaya sinar UV
  • Mengoleskan beberapa tetes minyak kelapa pada rambut yang basah dan dilanjutkan dengan penggunaan sampo dan kondisioner
  • Menyisir rambut sebelum tidur sehingga minyak alami dari kulit kepala akan melindungi seluruh bagian rambut dengan rata
  • Menghindari penggunaan bahan kimia yang bisa membuat rambut lebih kering
  • Mengoleskan masker alami yang terbuat dari campuran madu dan minyak zaitun pada rambut selama 30 menit dan dibilas menggunakan sampo serta kondisioner setelahnya
  • Menghindari keramas setiap hari karena bisa membuat rambut lebih kering
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat, seperti alpukat, salmon, dan minyak zaitun karena bisa membuat kulit kepala memproduksi minyak alami yang akan mencegah rambut kering

Kurangnya minyak alami rambut dan kebiasaan mencabut uban ternyata menjadi alasan kenapa uban terasa gatal.

Menghentikan kebiasaan mencabut uban dan melakukan perawatan rambut yang sesuai akan menghindarkan rambut beruban menjadi terlalu kering dan terasa gatal.

Namun jika beberapa perawatan tersebut sudah dilakukan dan uban masih terasa gatal, Anda disarankan untuk mencari bantuan medis karena penyebabnya mungkin adalah gangguan kesehatan lainnya.

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Uban sampai ke Akarnya, Jangan Sembarangan Dicabut

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com