Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Apa itu Prosiasis Kulit Kepala, Gejala, Penyebab, Pengobatannya

Kompas.com - 26/08/2023, 12:15 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pernahkah Anda mendapati kulit kepala yang gatal, kemerahan, atau terus-menerus meradang dan terasa mengganggu? Kondisi di atas bisa jadi gejala psoriasis kulit kepala

Perlu diketahui, psoriasis bisa menyerang setiap bagian kulit, termasuk kulit kepala. Penyakit ini bisa mengganggu sampai menurunkan kualitas hidup penderitanya.

Untuk lebih jauh mengenal masalah kulit ini, kenali apa itu psoriasis kulit kepala, gejala, penyebab, dan cara mengobatinya. 

Baca juga: Psoriasis: Gejala, Penyebab, dan Penanganannya

Apa itu psoriasis kulit kepala?

Proriasis kulit kepala adalah penyakit peradangan di kulit kepala yang bersifat kronis atau terjadi berkepanjangan.

Menurut Kementerian Kesehatan, penyakit ini dapat menyerang siapa saja, mulai anak-anak hingga kalangan lansia. Tapi, psoriasis lebih kerap menyerang orang berumur 15-30 tahun.

Masalah kesehatan ini terkadang tak hanya menyebar di kulit kepala, tapi juga bisa menjalar ke area kulit sekitarnya, termasuk dahi, bagian belakang leher, atau di belakang telinga.

Untuk diketahui, psoriasis tidak menular. Sehingga, Anda tak perlu khawatir berlebihan jika melakukan kontak fisik dengan penderita psoriasis.  

Baca juga: Penyebab Psoriasis yang Harus Diwaspadai

Apa saja gejala psoriasis kulit kepala?

Gejala psoriasis kulit kepala terkadang disalahartikan sebagai ketombe. Namun, kedua gangguan pada kulit kepala ini sebenarnya berbeda karena psoriasis memiliki ciri-ciri spesifik. 

Dilansir dari NationalPsoriasisFoundation, berikut beberapa gejala psoriasis kulit kepala yang kerap dirasakan pengidapnya:

  • Munculnya bercak kemerahan di kulit kepala.

Gejala awal seseorang yang menderita psoriasis adalah munculnya bercak kemerahan di kulit kepala. Pada beberapa orang, gejala ini tidak kentara. Tapi, terkadang bercak kemerahan juga bisa sangat terlihat, kulit kemerahan lebih tebal, dan meradang.

  • Kulit kepala bersisik dan muncul ketombe putih keperakan

Penderita psoriasis juga mendapati serpihan kulit kepala seperti ketombe. Bedanya dari ketombe biasa, serpihan kulit kepala pada penderita psoriasis kulit kepala berwarna putih mengkilap atau keperakan, serta muncul bersamaan dengan kulit kepala yang kering.

  • Kulit kepala kering dan berkerak

Penderita psoriasis kulit kepala cenderung memiliki kondisi kulit kepala yang kering, bahkan terkadang ditemukan sebagian kulit berkerak, pecah-pecah, sampai berdarah. Dalam kondisi yang parah seperti ini, psoriasis perlu segera diatasi dengan pengobatan yang tepat.

  • Kulit kepala gatal-gatal

Gejala psoriasis kulit kepala yang paling umum adalah munculnya rasa gatal. Bagi sebagian orang, rasa gatalnya yang dirasakan bisa ringan. Namun, ada juga yang merasakan gatal parah hingga membuat sulit tidur dan mengurangi kenyamanan saat beraktivitas.

  • Kulit kepala berdarah

Efek dari gejala gatal jika mengalami psioriasis tak jarang membuat penderitanya terus- menerus menggaruk kulit yang bermasalah. Alhasil, garukan pada kulit kepala tersebut bisa membuat kulit kepala berdarah.

Menggaruk kulit kepala sebenarnya akan memperburul kondisi psoriasis. Menggaruk dapat membuat borok atau kerak yang muncul menjadi lebih besar dan tebal.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com