Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan yang Bagus untuk Ibu Menyusui itu Seperti Apa? Ini Kata Ahli…

Kompas.com - 26/08/2023, 18:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Para ibu atau calon ibu yang akan melakoni peran barunya sebagai penyedia gizi utama untuk si kecil lewat menyusui terkadang penasaran, seperti apa makanan yang bagus untuk ibu menyusui?

Seperti diketahui, peran makanan penting untuk mendukung pertumbuhan bayi sekaligus menjaga kesehatan ibu menyusui.

Simak penjelasan ahli berikut untuk mengetahui apa saja yang perlu ada di dalam isi piring ibu menyusui.

Baca juga: Ibu Menyusui Minum Kopi, Apakah Berpengaruh pada Bayi?

Bagaimana makanan yang bagus untuk ibu menyusui?

Dokter spesialis gizi klinik dari RSIA Bina Medika Bintaro, Tangerang Selatan dr. Nita, M. Gizi, Sp. GK menjelaskan, makanan yang bagus untuk ibu menyusui adalah makanan yang memiliki komposisi gizi lengkap dan seimbang.

“Makanan dengan gizi seimbang penting untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan membantu menjaga produksi ASI yang berkualitas untuk tumbuh kembang bayi,” kata Nita, saat berbincang di Health Talk yang digelar Re.juve di rumah sakit setempat, Jumat (18/8/2023).

Lebih lanjut Nita menjelaskan, makanan beragam dengan gizi seimbang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi makro dan mikro anak sekaligus ibu menyusui.

Menurut panduan Ikatan Dokter Anak Indonesia, kebutuhan kalori ibu menyusui tidak berbeda dari ibu hamil, yakni sekitar 2.500 kalori.

Komposisi makanan bergizi seimbang tersebut terdiri atas karbohidrat (makanan pokok seperti nasi, kentang, ubi, dll), protein dan lemak (ikan, daging, ayam, telur, tahu dan tempe, kacang almon), sayur dan buah.

“Secara umum, ibu menyusui tidak perlu mengubah pola makannya (dari hamil) karena bayi sudah terpapar dengan pilihan makanan yang dikonsumsi ibu sejak dalam kandungan,” ujar Nita.

Associate Director of Sales & Marketing Re.juve Sari Siswarni menambahkan, ibu menyusui juga perlu mengonsumsi makanan yang dapat melancarkan ASI secara alami.

“Beberapa makanan ASI booster alami di antaranya kacang almond, sayuran seperti kale dan wortel, dan buah-buahan tinggi vitamin C,” kata Sari.

Baca juga: 7 Penyebab ASI Berkurang yang Perlu Diwaspadai Ibu Menyusui

Pentingnya makanan beragam untuk ibu menyusui

Selain mencukupi gizi ibu menyusui dan anak lewat ASI, dokter Nita juga menyebutkan para busui perlu variasi dalam asupan yang dikonsumsi sehari-hari.

Pasalnya, jenis makanan ibu yang bervariasi dapat menstimulasi indra pengecapan bayi.

Perlu ibu menyusui ketahui, rasa ASI dapat berubah sesuai dengan makanan yang dikonsumsi ibu.

Rasa yang berubah-ubah pada ASI inilah yang bisa jadi stimulan bagi indra pengecapan atau melatih lidah bayi mengenal berbagai rasa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com