Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Virus Nipah Mewabah di India, Kenali Gejala dan Bahayanya

Kompas.com - 15/09/2023, 15:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

Sumber CDC,WHO,,MDPI

KOMPAS.com - Virus nipah telah merenggut nyawa dua warga negara bagian Kerala, India. Tiga orang lainnya dinyatakan positif terinfeksi virus ini.

Dikutip dari Reuters (12/9/2023), salah satu pejabat dari Institut Virologi Nasional India menyebutkan, satu orang meninggal pada bulan ini dan satu orang meninggal pada akhir Agustus 2023. 

Penyakit ini telah mewabah kali keempat di Kerala sejak 2018. Kala itu, sebanyak 21 dari 23 orang yang terinfeksi virus ini meninggal dunia. Selanjutnya, pada 2019 dan 2021, virus ini juga merenggut dua nyawa lagi. 

Untuk meningkatkan kewaspadaan pada penyakit menular ini, kenali apa itu virus nipah, gejala, dan bahayanya yang perlu diwaspadai. 

Baca juga: 7 Jenis-jenis Virus yang Menular dan Kerap Menyerang Manusia

Apa itu virus nipah?

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), virus nipah adalah jenis virus zoonosis atau kuman yang dapat menular dari hewan ke manusia, atau menular melalui makanan yang terkontaminasi atau langsung antarmanusia.

Asal-usul virus ini kali pertama diidentifikasi pada 1999 saat terjadi wabah penyakit menyerang kalangan peternak babi di Malaysia dan Singapura. 

Selanjutnya, virus ini menyerang sejumlah warga di Bangladesh pada 2001. Sejak itu, wabah ini hampir setiap tahun menyerang negara setempat, serta teridentifikasi di India yang letaknya berdekatan dengan negara ini. 

Hewan inang atau pembawa virus nipah utamanya kelelawar pteropus dan beberapa spesies kelelawar lain. Inang pembawa nipah teridentifikasi di sejumlah negara, termasuk Kamboja, Ghana, Indonesia, Madagaskar, Filipina, dan Thailand.

 Baca juga: Kenali Apa itu Virus Marburg, Asal Usul, Gejala, dan Penularannya

Gejala virus nipah

Seseorang yang positif terinfeksi virus nipah akan mengalami gejala yang bervariasi. Menurut, Kementerian Kesehatan, berikut ini beberapa gejala virus nipah yang dapat muncul, di antaranya:

  • Demam
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Muntah
  • Sakit tenggorokan
  • Pusing
  • Mudah mengantuk
  • Penurunan kesadaran dan tanda-tanda neurologis lain yang menunjukkan ensefalitis atau pembengkakan otak
  • Sesak napas untuk kasus infeksi virus nipah yang mengalami pneumonia atopik dan gangguan pernapasan berat.

Pada kasus infeksi gejala virus nipah berat, penderita bisa mengalami gangguan otak, kejang, dan berlanjut koma dalam waktu 24 jam sampai 48 jam hingga kematian.

Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC), gejala virus nipah biasanya muncul dalam 4-14 hari setelah terpapar virus.

Penyakit ini kerap sulit terdeteksi, karena gejala awalnya mirip infeksi virus lain seperti  demam dan sakit kepala selama tiga sampai 14 hari.

Infeksi virus nipah termasuk penyakit berbahaya karena berpotensi menyebabkan kematian.

Baca juga: Mengenal Sejarah Virus Ebola dan Asal-usulnya

Bahaya virus nipah

Bahaya virus nipah dapat diidentifikasi melalui proses penularannya yang mudah antara satu individu ke individu lain, sehingga virus ini berpotensi menjadi pandemi.

Banyaknya variasi gejala penyakit yang bisa muncul, hingga banyaknya kasus kematian juga menjadi alasan yang menjadikan virus nipah berbahaya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com