Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Termasuk Hindari Bergadang, Ini Cara Menjaga Kesehatan Jantung Menurut Dokter

Kompas.com - 29/09/2023, 16:30 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Penyakit jantung sering disebut sebagai silent killer karena dianggap datang dengan tiba-tiba atau tanpa gejala dan bisa mengancam jiwa.

Meski demikian, kita dapat menjaga kesehatan jantung dengan menerapkan pola hidup sehat, termasuk rajin berolahraga, konsumsi makanan bergizi, hingga menghindari bergadang.

Sebelum menyimak penjelasan tentang cara memelihara kesehatan organ penting ini, simak terlebih dahulu beberapa jenis penyakit jantung berikut.

Baca juga: Ketahui Cara Mendeteksi Penyakit Jantung Menurut Ahli Berikut

Apa saja jenis penyakit jantung?

Disarikan dari Mayo Clinic, terdapat beberapa jenis penyakit jantung, antara lain:

  • Serangan jantung: keadaan darurat medis ketika gumpalan darah menghalangi aliran darah ke jantung. Tanpa darah, jaringan kehilangan oksigen dan mati. Gejalanya berupa rasa sesak atau nyeri di dada, leher, punggung, atau lengan, serta kelelahan, limbung, detak jantung abnormal, dan kecemasan.
  • Penyakit jantung koroner: terjadi karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah arteri oleh tumpukan plak maupun zat-zat kimia dari makanan dan minuman.
  • Aritmia: gangguan yang terjadi pada irama jantung. Kondisi ini ditunjukkan dengan detak jantung yang tidak beraturan, bisa terlalu cepat atau terlalu lambat.
  • Gagal jantung: kondisi kronis ketika jantung tidak memompa darah sebagaimana mestinya. Gejalanya yaitu sesak napas, kelelahan, kaki bengkak, dan denyut jantung yang cepat.
  • Penyakit jantung bawaan: kelainan jantung yang ada sejak bayi baru lahir. Kondisi ini bisa membuat anak mudah sesak napas, cepat lelah saat beraktivitas fisik, hingga mengalami pembengkakan di tangan, pergelangan kaki, atau kaki.

Baca juga: Kenapa Kolesterol Tinggi Picu Penyakit Jantung? Ini Penjelasannya...

Bagaimana cara menjaga kesehatan jantung?

Dokter spesialis penyakit dalam, dr. Ahmad Akbar, Sp. PD membagikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memelihara kesehatan jantung yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat.

"Cara menjaga kesehatan jantung bisa dengan pola hidup sehat yang meliputi istirahat cukup, manajemen stres yang baik dengan cara melakukan hobi positif dan produktif," kata dokter Akbar kepada Kompas.com, Jumat (29/9/2023).

Selanjutnya, seseorang juga perlu rutin berolahraga agar memiliki berat badan yang ideal.

Untuk diketahui, kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung melalui beberapa mekanisme, termasuk kenaikan tekanan darah, kenaikan kadar kolesterol, resistensi insulin, inflamasi, dan sleep apnea.

Dokter yang berpraktik di RS JIH Solo itu juga menjelaskan pola makan untuk menjaga kesehatan jantung yang bisa Anda adapatasi. Yang pertama, seseorang perlu mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang, terutama mengandung asam lemak omega-3.

Asam lemak omega-3 bisa kita dapatkan dalam makanan seperti ikan salmon, ikan kembung, kedelai, hingga buah alpukat. Selain itu, Anda juga bisa mendapat asupan lemak sehat ini dalam bentuk kapsul vitamin.

Akbar juga mengingatkan untuk selalu konsumsi air putih yang cukup yaitu 2 liter per hari dan menyetop kebiasaan buruk, seperti merokok, konsumsi minuman beralkohol, hingga bergadang tanpa tujuan tertentu.

Selain menerapkan pola makan di atas, seseorang juga perlu melakukan tes kesehatan atau medical check up dengan dokter untuk memantau tekanan darah, kadar kolesterol, hingga gula darah yang bisa menjadi pemicu penyakit jantung.

Baca juga: 5 Manfaat Tahu bagi Kesehatan, Termasuk Menjaga Kesehatan Jantung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com