Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Payudara Sakit Menjelang Menstruasi? Berikut Faktanya...

Kompas.com - 14/10/2023, 14:04 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagian wanita merasakan bengkak atau nyeri payudara menjelang menstruasi. Lantas, kenapa payudara sakit menjelang menstruasi?

Perlu Kamu ketahui, pembengkakan dan nyeri payudara termasuk salah satu gejala PMS atau pre-menstrual syndrome

Dikutip dari laman Healthline, tingkat keparahan nyeri payudara menjelang menstruasi ini biasanya bervariasi.

Namun, rasa nyeri ini bisa mencapai puncaknya tepat sebelum menstruasi dimulai, lalu baru menghilang selama atau sesaat setelah periode haid dimulai.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Payudara Gatal Saat Hamil

Kenapa payudara sakit menjelang menstruasi?

Penyebab payudara sakit sebelum haid pada wanita umumnya dipengaruhi perubahan hormon dalam tubuh.

Selama siklus menstruasi, hormon wanita bisa berfluktuasi atau kadarnya naik turun. Fluktuasi hormon inilah yang bisa memicu pembengkakan dan nyeri payudara.

Nah, waktu pasti terjadinya perubahan hormon ini dapat berbeda-beda pada setiap wanita.

Dalam laman Medical News Today disebutkan, hormon yang bertanggung jawab atas nyeri dan pembengkakan payudara ini adalah estrogen dan progesteron.

Estrogen menyebabkan saluran payudara membesar. Sedangkan progesteron menyebabkan kelenjar susu membengkak. Kedua kejadian ini bisa menyebabkan payudara Kamu terasa nyeri.

Umumnya, estrogen dan progesteron keduanya meningkat pada paruh kedua siklus, atau sekitar hari ke 14 hingga 28 dalam siklus haid 28 hari.

Estrogen mencapai puncaknya pada pertengahan siklus, sedangkan kadar progesteron meningkat pada minggu sebelum menstruasi.

Selain faktor alami, obat untuk terapi hormon yang mengandung estrogen juga dapat menyebabkan perubahan pada payudara, seperti nyeri tekan dan bengkak.

Baca juga: Apa Itu Implan Payudara? Berikut Penjelasannya...

Kapan harus ke dokter?

Bengkak dan nyeri payudara jelang menstruasi sebenarnya bukan hal yang harus Kamu khawatirkan karena biasanya dapat sembuh dengan sendiri.

Meski demikian, Kamu tetap harus memperhatikan gejala yang terjadi. Sebab, bisa jadi gejala tersebut adalah tanda adanya infeksi atau kondisi medis lainnya.

Karena itu, Kamu harus segera berkonsultasi ke dokter ketika payudara sakit menjelang menstruasi disertai gejala berikut:

  • Teraba benjolan di payudara atau ada perubahan pada payudara 
  • Keluara cairan dari puting, terutama jika keluarnya berwarna coklat atau berdarah
  • Nyeri payudara sampai mengganggu aktivitas sehari-hari dan bikin susah tidur

Untuk mengetahui penyebab payudara sakit disertai gejala di atas, dokter bakal melakukan pemeriksaan fisik, termasuk pemeriksaan payudara, dan akan menanyakan informasi lebih lanjut tentang gejala lain yang Kamu rasakan.

Setelah menyimak alasan kenapa payudara sakit menjelang menstruasi di atas, jangan khawatir berlebihan lagi dengan kondisi ini. Tapi, Kamu jangan lupa periksa ke dokter jika kondisi ini disertai beberapa tanda-tanda di atas.

Baca juga: Ketahui Risiko Implan Payudara dan Cara Pencegahannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com