Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olahraga 15 Menit Setiap Hari Bisa untuk Menurunkan Berat Badan, Ini Tips Dokter

Kompas.com - 22/11/2023, 17:01 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Olahraga adalah salah satu cara untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Namun, sebagian orang mungkin merasa belum bisa meluangkan waktu untuk olahraga.

Padahal sebenarnya, Anda tak selalu harus meluangkan banyak waktu untuk berolahraga. Cukup dengan lima belas menit saja, Anda bisa melakoni beberapa jenis olahraga demi memiliki berat badan ideal.

Berikut penjelasan dokter mengenai olahraga 15 menit setiap hari untuk menurunkan berat badan beserta contohnya yang bisa dicoba.

Baca juga: Apakah Olahraga 15 Menit Setiap Hari Bisa Menurunkan Berat Badan?

 

Dokter bagikan tips olahraga 15 menit untuk menurunkan berat badan

dr. Iwan Wahyu Utomo menjelaskan tips olahraga 15 menit untuk menurunkan berat badan dr. Iwan Wahyu Utomo menjelaskan tips olahraga 15 menit untuk menurunkan berat badan

Dokter tim sepak bola Persis Solo, membenarkan bahwa olahraga lima belas menit setiap hari bisa dijadikan cara untuk menurunkan berat badan.

Akan tetapi, agar mendapat hasil yang maksimal, Anda perlu memilih jenis olahraga dengan intensitas yang tinggi.

"Memang secara teori itu olahraga 15 menit itu terbukti bisa untuk menurunkan berat badan asal dilakukan dengan intensitas yang tinggi ya," kata Iwan kepada Kompas.com, Minggu (19/11/2023).

"Olahraga dengan high intensity interval training atau intensitas yang tinggi akan meningkatkan aliran darah ke otak sehingga bisa memberikan banyak hal, termasuk menurunkan berat badan," imbuhnya.

Untuk diketahui, High Intensity Interval Training (HIIT) dapat dilakukan dengan durasi yang singkat yaitu selama 4-15 menit.

Lebih lanjut, Iwan menjelaskan contoh olahraga 15 menit untuk mengurangi kalori yang akhirnya bisa bermanfaat dalam menurunkan berat badan.

"Harus dengan olahraga yang bersifat kardio untuk menurunkan 400 sampai 500 kalori per hari. Nah, olahraga kardio itu kan banyak ya, ada yoga, latihan di gym, plank, jalan kaki dengan kecepatan tinggi, dan bersepeda," sambung dokter Iwan.

Namun, untuk orang berusia di atas 40 tahun, dokter Iwan menyarankan memilih olahraga ritmis seperti jalan kaki dengan kecepatan rendah atau normal, berenang, dan sepeda statis.

Baca juga: 7 Olahraga untuk Menambah Berat Badan, Termasuk Olahraga Kardio

Manfaat olahraga 15 menit selain menurunkan berat badan

Menurut Iwan, olahraga dengan durasi selama lima belas menit juga bisa memberi manfaat lain, seperti:

  • Memperpanjang umur
  • Meningkatkan imunitas
  • Meningkatkan kekuatan
  • Meredakan stres.

Selain olahraga 15 menit setiap hari, Iwan menyarankan untuk menjaga pola makan dan menghitung kebutuhan kalori harian jika ingin menurunkan berat badan.

Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui jenis olahraga yang pas sesuai kondisi tubuh masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com