Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Mengatasi Susah Ereksi secara Alami, Termasuk Olahraga

Kompas.com - 22/11/2023, 22:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

Sumber ,Healthline

KOMPAS.com - Susah ereksi adalah salah satu masalah kesehatan seksual yang membuat penderita tidak bisa mendapatkan atau mempertahankan ereksi untuk melakukan hubungan seksual dengan durasi tertentu.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh masalah kesehatan fisik dan mental yang membuat aliran darah ke penis tidak lancar, seperti obesitas dan stres.

Kesulitan untuk ereksi umumnya dapat diatasi dengan melakukan perubahan kebiasaan dan konsumsi makanan yang bernutrisi.

Untuk lebih jelasnya, ketahui cara mengatasi susah ereksi secara alami berikut ini.

Baca juga: 10 Efek Lama Tidak Berhubungan Intim bagi Pria

Cara mengatasi susah ereksi secara alami

Disarikan dari Prevention dan Healthline, berikut adalah beberapa cara mengatasi susah ereksi selama alami yang bisa dicoba.

  • Mengonsumsi makanan bernutrisi

Mengonsumsi makanan yang bernutrisi, seperti buah, sayur, kacang-kacangan, dan ikan, sudah terbukti dapat menurunkan risiko disfungsi ereksi pada pria berusia 18-40 tahun.

Selain meningkatkan kesehatan organ intim, mengonsumsi makanan yang sehat juga akan mendukung kesehatan tubuh secara umum.

  • Berolahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur dapat mencegah dan mengatasi kesulitan ereksi yang dialami.

Pasalnya, olahraga yang dilakukan dapat mendukung kesehatan pembuluh darah, mengurangi stres, dan meningkatkan kadar testosteron sehingga dapat meningkatkan kualitas ereksi.

Baca juga: 8 Manfaat Berhubungan Intim bagi Pria, Termasuk Mengurangi Stres

  • Mendapatkan waktu tidur yang cukup

Tidak hanya dapat mendukung kesehatan secara umum, mendapatkan waktu tidur yang cukup juga penting untuk meningkatkan kualitas ereksi penis.

Tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup dapat menurunkan kadar testosteron di dalam tubuh sehingga dapat membuat Anda kesulitan untuk mendapatkan ereksi.

  • Menurunkan berat badan

Disfungsi ereksi kerap dialami oleh para pria yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas, atau memiliki lingkar perut yang lebih besar.

Menurunkan berat badan dengan mengatur pola makan dan berolahraga secara teratur dapat meningkatkan kualitas ereksi yang dimiliki.

  • Mengurangi stres

Rasa stres dan cemas dapat menjadi salah satu penyebab susah ereksi. Pasalnya, stres dan cemas dapat memengaruhi kadar testosteron di dalam tubuh dan menurunkan kualitas tidur.

Melakukan kegiatan relaksasi dan menghindari hal-hal yang memicu rasa stres dan cemas dapat meningkatkan kualitas ereksi penis.

Halaman:
Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com