Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minum Kopi Sebelum atau Sesudah Makan? Berikut Penjelasannya…

Kompas.com - 29/11/2023, 13:30 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Minum kopi dapat membuat tubuh lebih segar dan terhindar dari rasa kantuk. Namun, minum kopi sebelum atau sesudah makan?

Ternyata, minum kopi dapat dilakukan sebelum atau sesudah makan, tergantung dari respons tubuh terhadap kafein yang terkandung di dalam kopi.

Namun, Anda yang lebih sensitif terhadap kafein perlu makan terlebih dahulu untuk menghambat penyerapan kafein oleh tubuh.

Untuk lebih jelasnya, simak efek samping minum kopi sebelum dan sesudah makan, serta waktu terbaik minum kopi berikut ini.

Baca juga: 4 Efek Samping Minum Kopi di Pagi Hari sebelum Makan

Minum kopi sebelum atau sesudah makan?

Ternyata, kopi dapat diminum sebelum atau sesudah makan.

Meskipun begitu, masing-masing individu akan merasakan efek samping yang berbeda jika minum kopi sebelum atau sesudah makan.

Kopi yang diminum sebelum makan ternyata dapat mempercepat penyerapan kafein pada tubuh sehingga akan memperparah efek kafein yang dirasakan.

Dilansir dari Cleveland Clinic, ada beberapa efek samping minum kopi sebelum makan yang mungkin akan dirasakan, seperti:

  • Meningkatkan produksi asam lambung sehingga akan memicu gejala gastroesophageal reflux disease (GERD) dan memperparah gejala tukak lambung yang dimiliki
  • Meningkatkan tekanan darah sehingga irama denyut jantung akan menjadi semakin cepat, khususnya setelah 10 menit minum kopi
  • Meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh, khususnya jika kopi dibuat dengan gula atau pemanis lainnya
  • Meningkatkan frekuensi buang air besar yang dapat dirasakan dalam waktu empat hingga 30 menit setelah minum kopi

Meskipun begitu, beberapa orang yang lebih tahan terhadap kafein tidak akan merasakan efek samping apapun ketika minum kopi saat perut kosong.

Sebaliknya, Anda yang lebih sensitif terhadap kafein dapat mengalami efek samping yang lebih serius sehingga diimbau untuk makan terlebih dahulu sebelum minum kopi.

Minum kopi setelah makan ternyata juga memiliki efek samping tertentu untuk tubuh.

Pasalnya, minum kopi setelah makan dapat mengganggu penyerapan nutrisi yang terkandung di dalam makanan.

Melansir Women’s Health, minum kopi setelah makan ternyata akan membuat tubuh kesulitan untuk menyerap zat besi yang terkandung di dalam makanan.

Kopi memiliki kandungan polifenol yang dapat mengikat zat besi sehingga membuatnya tidak dapat larut dan diserap oleh tubuh.

Agar tubuh dapat menyerap zat besi yang terkandung di dalam makanan dengan baik, Anda diimbau untuk minum kopi setidaknya 30 menit setelah makan.

Baca juga: Apakah Bahaya Minum Kopi di Malam Hari? Begini Penjelasannya...

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com