Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/11/2023, 16:29 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Glaukoma adalah gangguan pada mata yang dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal umur. Lantas, apakah glaukoma bisa disembuhkan?

Untuk diketahui, penyakit glaukoma adalah gangguan kondisi mata karena kerusakan saraf optik.

Baca juga: Kenali Apa itu Glaukoma pada Mata, Ciri-ciri, dan Penyebabnya

Melansir Bright Focus Foundation, saraf optik merupakan kumpulan serabut saraf di bagian belakang mata yang membawa pesan visual dari retina ke otak.

Penyebab glaukoma berasal dari tekanan berlebihan yang melebih tekanan intraokular normal pada mata karena penumpukan cairan aqueous humour di organ penglihatan.

Tekanan tinggi yang terus menerus ini dapat merusak saraf optik. Apabila saraf optik rusak secara keseluruhan, penderita glaukoma bisa mengalami komplikasi kebutaan permanen.

Terdapat dua jenis glaukoma yang umum terjadi yaitu glaukoma sudut terbuka dan sudut tertutup.

Salah satu gejala galukoma ditandai dengan kondisi mata berlemak karena muncul lingkaran putih pada area mata.

Untuk menjawab rasa penasaran di atas mengenai apakah glaukoma bisa disembuhkan, Anda dapat menyimak artikel berikut ini.

Baca juga: 8 Gejala Glaukoma Akut dan Penyebabnya

Apakah glaukoma bisa disembuhkan?

Dikutip dari MayoClinic, kerusakan mata akibat glaukoma tidak bisa disembuhkan. Namun, pengobatan dan pemeriksaan kesehatan mata berkala bisa membantu memperlambat atau mencegah kebutaan akibat penyakit ini. 

Untuk diketahui, glaukoma dianggap sebagai kondisi medis seumur hidup. Tapi perlu diingat, pasien glaukoma tetap bisa punya harapan untuk mempertahankan penglihatannya, sehingga aktivitas sehari-hari tidak terganggu.

Untuk itu, setiap orang yang berisiko atau sudah merasakan gejala awal glaukoma atau hasil pemeriksaan tekanan intraokular bermasalah, ada baiknya untuk rutin periksa ke dokter mata. Dengan begitu, penderita dapat mendapatkan perawatan glaukoma tepat sejak dini.

Ingat, meskipun harapan glaukoma bisa sembuh tipis, beberapa pengobatan dan tindakan medis dapat mengurangi tekanan mata dan mencegah komplikasi berupa kehilangan penglihatan yang sifatnya permanen.

Baca juga: Bagaimana Diabetes Bisa Menyebabkan Glaukoma?

Perawatan glaukoma

Dikutip dari WebMd, berikut ini beberapa perawatan glaukoma yang tersedia untuk membantu mengatasi dan mencegah kerusakan mata lebih lanjut, seperti:

  • Gunakan tetes mata glaukoma

Obat tetes mata digunakan untuk menurunkan pembentukan cairan di mata dan membantu meningkatkan aliran cairan supaya dapat keluar. Dengan begitu, tekanan mata dapat berkurang.

Namun, obat tetes mata glaukoma terkadang memiliki efek samping dapat memicu alergi, kemerahan, sensasi nyeri, penglihatan kabur, atau membuat mata mudah teriritasi. Ada juga beberapa obat glaukoma yang dapat memengaruhi jantung dan paru-paru.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com