Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Pembengkakan Jantung Bisa Sembuh? Simak Penjelasan Berikut...

Kompas.com - 13/11/2023, 08:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jantung yang bengkak adalah salah satu masalah kesehatan yang kerap bikin ketar-ketir. Salah satu sumber kekhawatiran adalah, apakah pembengkakan jantung bisa sembuh

Untuk diketahui, kardiomegali atau pembengkakan jantung adalah kondisi yang menunjukkan organ jantung yang membengkak lebih besar dari ukuran biasanya.

Melansir Cleveland Clinic, segala jenis kondisi atau penyakit yang membuat jantung perlu berupaya keras untuk mengedarkan darah bisa mengakibatkan pembengkakan jantung sampai penurunan fungsi jantung.

Baca juga: 12 Penyebab Jantung Bengkak yang Perlu Diwaspadai

Penyebab pembengkakan jantung bisa berasal dari penyakit jantung koroner, anemia, kehamilan, penyakit jantung bawaan, gagal ginjal, aritmia, dan lain-lain.

Penderita yang mengalami masalah kesehatan ini bisa mengalami gejala pembengkakan jantung, seperti kaki bengkak, perut buncit, jantung berdebar-debar, sesak napas, kelelahan yang parah, atau pusing.

Nah, untuk menjawab rasa penasaran di atas, Anda dapat menyimak penjelasannya melalui artikel di bawah ini.

Baca juga: 7 Gejala Jantung Bengkak dan Penyebabnya

Apakah pembengkakan jantung bisa sembuh?

Melansir Healthline, pembengkakan jantung bisa sembuh apabila akar penyebab penyakit yang mendasarinya bisa diatasi sedini mungkin.

Untuk diketahui, jantung bengkak bukanlah suatu penyakit, melainkan tanda dari kondisi kesehatan suatu penyakit yang menyerang tubuh.

Apabil tanda pembengkakan jantung terus-menerus dibiarkan tanpa diobati, penderitanya dapat merasakan gejala sakit yang semakin parah hingga bisa menyebabkan komplikasi berupa serangan jantung atau gagal jantung.

Komplikasi berupa gagal jantung berisiko menyebabkan jantung tidak mampu memompa cukup darah ke tubuh.

Sedangkan, kardiomegali juga bisa menyebabkan jantung tidak mendapat cukup darah dan menyebabkan serangan jantung yang membuat jantung berhenti bekerja dengan baik hingga berisiko menyebabkan kematian mendadak.

Jika Anda menderita kardiomegali, Anda juga lebih rentan mengalami pembekuan darah di lapisan jantung.

Selain itu, masalah lain akibat jantung bengkak lainnya yaitu bisa menyebabkan darah menggumpal yang dapat berpindah ke otak dan tersangkut di pembuluh darah, kondisi ini bisa menyebabkan stroke.

Kesimpulannya, apabila Anda mengalami jantung bengkak dan sudah mengetahui penyakit yang mendasarinya, segera lakukan pengobatan sesuai rekomendasi dokter. Dengan begitu, risiko komplikasi yang mengancam jiwa dapat dicegah. 

Baca juga: 5 Cara Mencegah Jantung Bengkak yang Bisa Mengancam Jiwa

Cara mengobati pembengkakan jantung

Melansir Medical News Today, berikut ini cara mengobati pembengkakan jantung yang jamak disarankan ahli kesehatan:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com