Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minum Kopi Bisa Mencegah Stroke? Berikut Penjelasannya...

Kompas.com - 01/01/2024, 15:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Minum kopi tidak hanya dapat mengusir kantuk dan meningkatkan fokus. Manfaat kopi lain yang bisa Kamu rasakan yaitu untuk mengurangi risiko penyakit stroke.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Circulation pada 2015, minum kopi sebanyak 1-5 cangkir setiap hari bisa menurunkan risiko kematian akibat stroke, penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

Sebelum membahas manfaat minum kopi untuk mencegah stroke, simak terlebih dahulu bagaimana penyakit stroke bisa terjadi.

Baca juga: 3 Alasan Badan Lelah Setelah Minum Kopi

Bagaimana stroke terjadi?

Penyakit stroke umumnya menyerang orang berusia 55-85 tahun. Namun, penyakit ini juga dapat terjadi pada usia berapa pun.

Ada dua jenis stroke, yaitu stroke hemoragik yang terjadi ada pendarahan di otak, dan stroke iskemik akibat adanya gumpalan darah yang menyumbat pembuluh darah di otak.

Adapun kondisi kesehatan yang bisa menjadi faktor penyebab stroke yaitu:

  • Tekanan darah tinggi: orang dengan tekanan darah tinggi punya risiko 2-4 kali lebih besar terkena stroke sebelum berumur 80 tahun.
  • Penyakit jantung: masalah jantung seperti arteri koroner dan fibrilasi atrium (detak jantung tidak teratur) dapat menyebabkan penyumbatan arteri atau bekuan darah yang mengalir ke otak.
  • Diabetes: gula darah tinggi dapat merusak pembuluh darah dan akhirnya menyebabkan pengerasan arteri atau aterosklerosis, yang menyebabkan arteri menyempit dan tersumbat.
  • Kolesterol tinggi: saat kolesterol jahat atau LDL tinggi, seseorang juga berisiko mengalami aterosklerosis yang menyebabkan stroke.

Seseorang mungkin lebih berisiko terkena stroke jika terdapat riwayat keluarga (faktor genetik) terkait penyakit ini.

Minum kopi bisa mencegah stroke?

Studi yang diterbitkan di Circulation pada 2015 menunjukkan bahwa orang yang minum kopi bisa mencegah stroke dan risiko kematian akibat stroke, penyakit jantung, hingga diabetes.

Menurut penelitian tersebut, orang yang minum kopi sebanyak 3-4 cangkir per hari mungkin bisa merasakan manfaat paling besar.

Studi lain terhadap 76.979 orang berusia antara 40 dan 79 tahun mengungkapkan hasil serupa.

Baca juga: 6 Cara Minum Kopi Hitam untuk Menurunkan Berat Badan

Pria dan wanita yang minum enam cangkir kopi atau teh berkafein per hari memiliki risiko kematian 22 persen lebih rendah akibat penyakit stroke atau penyakit kardiovaskular.

Penelitian juga menunjukkan bahwa minum kopi bisa untuk mencegah penggumpalan darah.

Menurut studi, peminum kopi memiliki risiko 30 persen lebih rendah mengalami pembekuan darah dibandingkan yang tidak mengonsumsi minuman berkafein tersebut.

Menurut penelitian-penelitian tersebut, minum kopi bisa mencegah stroke karena kandungan mineral dan antioksidan pada minuman ini bisa mencegah masalah kesehatan yang memicu penyakit stroke, seperti diabetes dan aterosklerosis.

Hal itu karena kopi ternyata mengandung lebih dari seribu senyawa kimia, termasuk karbohidrat, protein, minyak, dan mineral yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com