Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Hari Gizi Nasional, Yunikon Dorong Kesadaran Higienitas pada MPASI Anak

Kompas.com - 31/01/2024, 14:58 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com - Memperingati Hari Gizi Nasional, Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Pemerintah Indonesia menegaskan pentingnya memberikan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan.

Adapun salah satu aspek penting yang kerap diabaikan adalah mengenai keamanan dalam penyimpanan dan persiapan MPASI.

Direktur Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Kemenkes, Lovely Daisy, MKM, memaparkan bahwa persyaratan pemberian MPASI tidak hanya mencakup waktu yang tepat dan kebutuhan gizi, tetapi juga aspek keamanan.

"MPASI diberikan dengan cara yang benar (aman). ini artinya, MPASI diberikan secara terjadwal dan juga mengikuti respons lapar dan kenyang dari anak-anak," ujar Lovely Daisy dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (31/1/2024).

Ia menyatakan bahwa keamanan menjadi langkah krusial dalam mencegah infeksi dan diare pada anak-anak yang dapat terjadi jika kebersihan tidak dijaga dengan baik.

Dalam mendukung upaya menjaga kebersihan, Community Manager Yunikon dari PT Anugerah Sejati Laras Christine Tjipto menyoroti pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), terutama dalam konteks persiapan MPASI.

"Pasca pandemi Covid-19, perilaku hidup bersih dan sehat sering dilupakan. Inilah titik awal terjadinya kontaminasi pada tangan dan alat-alat makan dalam mempersiapkan MPASI untuk anak," ujar Christine.

Sebagai solusi praktis, Christine merekomendasikan penggunaan produk antibakteri, seperti tisu basah dan hand sanitizer untuk memastikan kebersihan tetap terjaga.

Sebagai produsen produk tersebut, Yunikon, ujarnya, tidak hanya menekankan aspek keamanan, tetapi juga memberikan kemudahan dengan desain kemasan yang menarik.

Produk Yunikon dinilainya telah terbukti menggunakan bahan berstandar food grade dan aman untuk digunakan seluruh masyarakat, termasuk bayi.

Periode emas pertumbuhan anakDok Yunikon Periode emas pertumbuhan anak

"Saat mempersiapkan bahan dan alat makan MPASI, kebersihan sering dilupakan. Oleh karena itu, produk antibakteri seperti tisu basah dan hand sanitizer menjadi pilihan untuk memastikan pemberian MPASI tetap higienis dan praktis," jelas Christine.

Yunikon melalui misinya, kata Christine, berkomitmen untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam menjaga kebersihan.

Rangkaian produk Yunikon memiliki kualitas dan harga terjangkau. Seluruh produk hadir sebagai solusi untuk mendukung upaya pencegahan kejadian diare pada anak-anak.

Sebagai bentuk apresiasi kepada konsumen, Yunikon memberikan program hadiah langsung berupa uang tunai yang terdapat di dalam kemasan. Hadiah diberikan sebagai motivasi tambahan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan.

“Merayakan Hari Gizi Nasional, Yuk bersama-sama dukung pencegahan kejadian diare pada anak-anak dengan memastikan seluruh bahan makanan dan peralatannya bebas bakteri dan aman bersama Yunikon,” ajak Christine.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com