Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai Penyakit Kawasaki, Ini Tanda dan Gejalanya

Kompas.com - 31/01/2024, 19:00 WIB
Khairina

Editor

KOMPAS.com-Orangtua diimbau untuk mewaspadai penyakit langka bernama Kawasaki, yang tidak diketahui oleh semua dokter.

"Saya katakan ini bukan penyakit sehari-hari ya, enggak semua dokter mungkin menyadari begitu," kata Guru Besar Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Najib Advani dalam diskusi di Jakarta Rabu (31/1/2024) seperti ditulis Antara.

Najib mengatakan penyakit Kawasaki tersebut merupakan penyakit yang langka, yang hingga kini belum diketahui secara pasti apa penyebab dari penyakit yang umumnya terjadi pada balita tersebut.

Baca juga: 5 Gejala dan Penyebab Penyakit Kawasaki yang Berbahaya pada Anak

Jika penyakit Kawasaki tidak ditangani pada awal kemunculannya, kata dia, dapat mengakibatkan penderitaan berupa gangguan jantung pada anak yang bisa terjadi seumur hidupnya, karena penyakit tersebut mengakibatkan pembuluh darah jantung (arteri koroner) menjadi tersumbat.

"Kalau koronernya tersumbat, maka otot-otot jantung akan rusak, sehingga darah tidak bisa beredar dengan baik," ujar Najib yang juga anggota Unit Kerja Koordinasi (UKK) Kardiologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) itu.

Najib mengemukakan beberapa gejala umum dari penyakit Kawasaki antara lain demam tinggi yang berlangsung sekitar 4 sampai 5 hari, kedua mata memerah tanpa adanya kotoran, bibir dan lidah yang merah seperti stroberi, ruam mirip campak di sekujur tubuh, serta benjolan di leher yang diakibatkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening.

"Kelainan jantung timbul setelah minggu kedua, di hari ketujuh. Hari kesepuluh mulai timbul kelainan jantung," ucapnya.

Baca juga: Penyakit Kawasaki

Untuk itu, Najib menyebutkan penanganan kasus penyakit Kawasaki harus dilakukan sejak dini atau sebelum hari ketujuh, agar penanganan dapat dilakukan secara maksimal.

Adapun langkah penanganannya, kata dia, dengan rawat inap di rumah sakit selama setidaknya empat hari untuk diberikan berbagai jenis obat-obatan, lalu setelahnya akan dilanjutkan dengan rawat jalan dengan pemeriksaan jantung secara rutin menggunakan alat elektrokardiogram (EKG).

"Entry point-nya tiga sebenarnya, demam, ruam, dan mata merah. Tiga saja ingat itu, tiga dulu ya. Kalau sudah tiga itu, pikirkan kemungkinan Kawasaki. Nah, baru ke dokter yang biasa menangani Kawasaki," tuturnya.

Gejala dan tanda

Dilansir Kementerian Kesehatan, penyakit Kawasaki ditandai dengan gejala peradangan secara umum, misalnya demam lebih dari 39 derajat Celcius pada anak yang terjadi lebih dari 5 hari diikuti beberapa gejala lainnya seperti berikut:

a. Kemerahan di beberapa area tubuh

b. Kemerahan di area genital

c. Perbesaran kelenjar limfa pada anak

d. Mata merah disertai cairan kental

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com