Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keputihan Berwarna Kuning Apakah Tanda Mau Haid?

Kompas.com - 01/02/2024, 21:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Bagi sebagian wanita, keputihan berwarna kuning adalah kondisi yang bisa mengakibatkan ketidaknyamanan sekaligus kekhawatiran. Lantas, apakah keputihan berwarna kuning tanda mau haid?

Menjelang menstruasi, seorang wanita mengalami tanda-tanda, seperti sakit kepala, perut begah, dan mood swing. Selain itu, ternyata perubahan warna keputihan juga bisa menjadi tanda haid akan datang.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan mengenai keputihan berwarna kuning berikut.

Baca juga: Keputihan Berwarna Kuning, Apakah Tanda Hamil?

Keputihan berwarna kuning, apakah tanda mau haid?

Keputihan berwarna kuning bisa menjadi tanda haid apabila muncul menjelang masa menstruasi.

Dilansir dari Medical News Today, keputihan berwarna kuning tanda menstruasi biasanya tidak berbau dan cenderung encer.

Terkadang tekstur keputihan menjelang haid juga tampak kental karena volume lendir di vagina bertambah banyak.

Warna keputihan tampak menguning juga menandakan adanya darah baru atau darah lama yang bercampur dengan lendir atau cairan vagina.

Tanda-tanda mau haid selain muncul keputihan berwarna kuning yaitu, muncul jerawat, payudara terasa sakit atau lebih sensitif, kram perut, sembelit, merasa kembung, sakit kepala, dan perubahan suasana hati.

Selain tanda mau haid, keputihan berwarna kuning juga bisa menjadi ciri-ciri awal kehamilan.

Biasanya keputihan karena hamil tersebut memiliki warna bening, putih, dan baru berubah menjadi kuning karena oksidasi atau paparan udaran dan akibat bersentuhan dengan celana dalam.

Keputihan berwarna kuning juga bisa menjadi ciri-ciri vaginitis atau radang vagina, infeksi menular seksual seperti klamidia dan gonore, penyakit radang pinggul, infeksi jamur, dan vaginosis bakterialis.

Keputihan berwarna kuning pada wanita hamil di akhir trimester ketiga juga bisa menjadi ciri ketuban rembes yang perlu segera mendapat penanganan medis.

Baca juga: 7 Cara Mencegah Keputihan Berwarna Kuning

Cara mengatasi keputihan berwarna kuning

Keputihan berwarna kuning akibat oksidasi lendir keputihan yang menempel di celana dalam serta flek menjelang menstruasi bisa atasi dan dicegah dengan rutin mengganti underwear.

Anda juga bisa memakai panty-liner jika merasa tak nyaman dengan bercak warna kuning di celana dalam yang mungkin sulit dibersihkan.

Rutin mengganti celana dalam atau memakai panty-liner juga bisa menjaga area kewanitaan tetap kering sehingga terhindari dari jamur dan bakteri.

Sementara, keputihan berwarna kuning akibat pertumbuhan jamur atau bakteri, Anda dapat berupaya meredakannya dengan mengonsumsi yoghurt, minum air putih yang cukup, dan menghindari douching.

Namun, apabila penyebab keputihan berwarna kuning adalah radang vagina (vaginitis), infeksi menular seksual, atau penyakit radang panggul, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter untuk menemukan pengobatan yang sesuai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com