Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cukup Minum Air Bukan Jaminan Kulit "Glowing"

Kompas.com - 03/02/2024, 13:30 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber Vogue

 

KOMPAS.com - Untuk mencapai kulit yang sehat, kencang, dan glowing, hampir semua selebritas atau influencer kecantikan memberi nasihat yang mirip; yakni cukup minum air putih.

Para pakar kesehatan juga menyebutkan bahwa minum cukup air putih adalah langkah awal untuk menjaga penampilan.

"Saat tubuh kita terhidrasi, sendi-sendi terlubrikasi dengan baik, kulit menjadi lebih segar, dan folikel rambut bisa tumbuh dengan sehat," kata ahli gizi Kimberly Snyder seperti dikutip dari Vogue.

Tak ada yang menyangkal bahwa minum cukup air sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, termasuk juga organ kulit.

"Kondisi kulit adalah refleksi dari apa yang terjadi di dalam tubuh, jadi saat kesehatan optimal dan seimbang, akan tercermin di kulit," kata Dr.Deanne Mraz, ahli dermatologi.

Baca juga: 3 Manfaat dan Efek Sering Minum Air Es untuk Kesehatan

Cukup minum tak bikin kulit glowing

Tubuh memiliki cara untuk memberi sinyal jika kita kurang minum. Selain rasa haus, kita juga akan merasakan sakit kepala, tidak fokus, dan lemas.

Tanda yang terlihat di kulit mulai dari kering dan kulit terasa tertarik, bahkan gatal.

"Kulit yang dehidrasi terlihat kusam, sehingga tanda penuaan seperti garis halus, keriput, dan lingkaran hitam, lebih terlihat," kata dokter dermatologi Marisa Garshick.

Walau begitu, minum banyak air bukan jaminan kulit akan terlihat kenyal dan bersinar.

"Efek utama dari hidrasi pada kulit adalah meningkatnya aliran darah ke kulit, mengirimkan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Hidrasi tidak akan membuat permukaan kulit jadi terlihat glowing," kata Mraz.

Untuk mendapat kulit yang terlihat segar dan berkilau, kita perlu melakukan banyak pendekatan, termasuk cukup minum air.

Awali dengan konsumsi makanan bernutrisi, cukup tidur, serta penggunaan skincare yang berfungsi melembabkan dan menguncinya.

Pilihlah produk pelembab dengan zat aktif seperti hyaluronic acid, lactic acid, ceramides, glycerin, dan peptides.

"Secara spesifik kita bisa menghidrasi kulit dengan memakai produk humectan, yang mengandung hyaluronic acid dan glycerin, yang meningkatkan kelembaban kulit," kata Garshick.

Selain itu, kita juga memakai produk yang mengandung emolien seperti shea butter, lanolin, dan squalane, yang melembutkan kulit dan mengunci kelembaban di bawahnya.

Untuk meningkatkan penyerapan zat aktif dalam skincare, jangan lupa melakukan eksfoliasi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Produk eksfoliasi yang bisa dipakai antara lain retinol dan AHA.

Baca juga: Kulit yang Sehat Mencerminkan Kesehatan yang Prima

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com