Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Kembangkan Vaksin untuk Pengobatan TBC Lebih Efektif

Kompas.com - 18/02/2024, 06:00 WIB
Khairina

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com-Vaksin M72 untuk pengobatan tuberkulosis (TBC) yang lebih efektif dikembangkan oleh Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Indonesia (UI) dan akan dimulai pada tahun 2024.

"Kalau TB itu saat ini vaksinnya sudah jadul, BCG -Bacille Calmette-Guerin- itu sejak tahun 1970. Kita di Fakultas Kedokteran UI akan segera melakukan uji klinis untuk vaksin M72, dari Bill and Melinda Gates Foundation, mudah-mudahan bisa menjadi perhatian masyarakat," kata Guru Besar Bidang Ilmu Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Universitas Indonesia (UI) Prof Dr dr Erlina Burhan usai dikukuhkan di UI Salemba Jakarta, Sabtu (17/2/2024), seperti ditulis Antara.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Penyakit TBC Aktif? Ini Penjelasannya...

Erlina menjelaskan, selain mengupayakan vaksin M72 yang saat ini sedang diuji klinis fase 3, pengobatan TBC juga terus dilakukan inovasi dengan mempersingkat masa pengobatan, dari yang awalnya 6 bulan menjadi 4 bulan.

"Pengobatan TBC 4 bulan sedang diupayakan, kita juga telah berupaya melakukan banyak penelitian baru dalam rangka menanggulangi TB di Indonesia, dan nantinya, Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM akan berperan menerapkan kebijakan membuat izin edar untuk obat dan vaksin tersebut apabila penelitian telah selesai dan dinilai aman untuk digunakan," katanya.

Tidak efektif

Ia juga menyebutkan bahwa vaksin yang digunakan sebelumnya, yakni BCG tidak efektif karena hingga saat ini Indonesia masih menempati peringkat kedua tertinggi di dunia dengan kasus TBC terbanyak.

"Vaksin baru M72 ini, FKUI yang akan meneliti, kami sedang lakukan uji klinis fase ketiga, dan di fase kedua itu terbukti sudah berhasil menghapus TB sebesar 50 persen, jadi BCG itu tidak efektif," katanya.

Ia mengeluhkan, selama ini kebanyakan dana untuk TBC itu dari luar, sehingga ia berharap pada pemerintahan yang baru setelah pemilihan umum (Pemilu) 2024, lebih banyak perhatian untuk kasus TB ini.

Setiap 1 jam, 16 orang meninggal

Berdasarkan data yang disampaikan Erlina, kasus TBC di Indonesia saat ini mencapai 1.060.000 kasus per tahun, dengan jumlah kematian sebanyak 140.700, yang berarti setiap satu jam, ada 16 orang yang meninggal karena TB.

"Padahal, target eliminasi 2050 itu kita hanya sekitar 320 orang yang menderita TB di Indonesia," katanya.

Baca juga: Waspadai Penularan TBC dan Cara Mencegahnya

Terkait target eliminasi TB dengan mengakhiri epidemi TBC pada tahun 2030, Erlina menegaskan bahwa perlu upaya lintas sektor yang berkelanjutan, dengan upaya yang terstruktur dan masif.

"Target eliminasi TBC itu tahun 2030, tinggal enam tahun lagi, jadi kita berpacu dengan waktu, sehingga sekarang upayanya harus terstruktur dan masif, karena saat ini yang saya lihat itu di Indonesia orang bekerja sendiri-sendiri, ada yang mengerjakan terapi, diagnosis, tetapi tidak ada orkestrasi," katanya.

Ia juga menekankan agar masyarakat tidak menganggap batuk-batuk sebagai gejala yang sepele, karena bisa jadi hal tersebut adalah gejala TB.

"Kasus TB itu, persoalannya masyarakat baru kaget kalau sudah batuk darah, orang-orang tidak ngerti kalau batuk-batuk itu berbahaya, dianggap sepele, jadi sebagai dokter, kita harus sampaikan bahwa batuk itu tidak normal, sehingga harus ada upaya untuk memeriksakan diri," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com