Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Banyak Makan Buah Pepaya dalam Sehari? Berikut Penjelasannya…

Kompas.com - 12/03/2024, 22:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Buah pepaya memiliki kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral, yang sangat baik jika dikonsumsi secara rutin setiap hari. Namun, berapa banyak makan buah pepaya dalam sehari?

Meskipun umumnya aman untuk dikonsumsi, Anda diimbau untuk menghindari makan buah pepaya secara berlebihan, atau lebih dari 500 gram sehari.

Pasalnya, pepaya memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bisa menyebabkan diare dan sakit perut jika dikonsumsi secara berlebihan.

Untuk lebih jelasnya, ketahui efek samping makan pepaya secara berlebihan dan manfaat buah pepaya untuk kesehatan berikut ini.

Baca juga: Buah Pepaya Bagus untuk Penyakit Apa? Berikut 8 Daftarnya…

Berapa banyak makan buah pepaya dalam sehari?

Ternyata, batas makan buah pepaya dalam sehari adalah sekitar 250 gram hingga 500 gram, atau setara dengan satu hingga dua cup saja.

Meskipun umumnya aman dan bermanfaat untuk kesehatan, makan buah pepaya secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping tertentu.

Dilansir dari Everyday Health, pepaya memiliki kandungan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Namun, makan pepaya terlalu banyak justru akan menyebabkan efek laksatif yang meningkatkan risiko diare dan sakit perut.

Pepaya yang belum matang juga memiliki kandungan lateks yang tinggi, namun akan berkurang saat buah pepaya mulai matang.

Kandungan lateks ini dapat berbahaya untuk para ibu hamil karena dapat menyebabkan kontraksi uterus dan kelahiran prematur sehingga diimbau untuk tidak mengonsumsi buah pepaya yang belum matang.

Orang-orang yang memiliki alergi terhadap lateks juga diimbau untuk menghindari konsumsi buah pepaya karena dapat mengalami reaksi alergi, seperti gatal, hidung tersumbat, mengi, dan nyeri dada.

Memperhatikan respons tubuh setelah makan pepaya sangatlah penting sehingga Anda bisa memahami batas aman makan pepaya untuk diri sendiri.

Segera hentikan konsumsi buah pepaya atau cari bantuan medis ketika mengalami masalah kesehatan tertentu setelah makan pepaya.

Baca juga: Apakah Boleh Makan Buah Pepaya Setiap Hari? Berikut Penjelasannya…

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan

Pepaya memiliki kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral, yang sangat baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara rutin.

Dilansir dari Healthline, ada beberapa kelebihan makan pepaya untuk kesehatan yang sudah terbukti secara ilmiah, seperti:

  • Mengurangi stres oksidatif sehingga sangat baik untuk memperlambat proses penuaan dini dan menurunkan risiko penyakit Alzheimer
  • Memiliki kandungan anti-kanker yang dapat menurunkan risiko kanker, khususnya kanker payudara, dan memperlambat progres perkembangan penyakit kanker
  • Mencegah inflamasi dan menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh sehingga risiko penyakit jantung akan berkurang
  • Mengurangi inflamasi yang bisa jadi penyebab berbagai penyakit
  • Menyehatkan saluran pencernaan dan mencegah sembelit
  • Menjaga kesehatan kulit sehingga terlihat lebih muda dan berseri

Dengan memahami penjelasan mengenai berapa banyak makan buah pepaya dalam sehari di atas, Anda bisa mengatur porsi buah pepaya yang dikonsumsi.

Meskipun umumnya aman untuk kesehatan, makan buah pepaya secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping tertentu.

Diskusikan dengan dokter sebelum memasukkan buah pepaya pada menu diet harian, khususnya jika Anda memiliki riwayat medis khusus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com