Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi: Olahraga 15 Menit Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anda

Kompas.com - 10/04/2024, 14:00 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

KOMPAS.com - Penelitian baru menawarkan manfaat olahraga beberapa menit untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Menurut pedoman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) saat ini, orang dewasa disarankan untuk melakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik sedang per minggu atau 75 menit aktivitas fisik berat untuk kesehatan secara keseluruhan.

Melansir Medical Daily pada Senin (8/4/2024), para peneliti terbaru menemukan bahwa olahraga ringan selama 15 menit saja dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca juga: 9 Tanda-tanda Anda Melakukan Olahraga Berlebihan

Hal itu karena hanya dengan olahraga 15 menit sudah dapat meningkatkan kadar sel pembunuh alami (natural killer/NK), sejenis sel darah putih yang berfungsi sebagai garis pertahanan awal sistem kekebalan.

Sel pembunuh alami dinamakan demikian karena mereka dapat menargetkan dan membunuh sel-sel berbahaya bahkan tanpa paparan patogen sebelumnya.

Mereka "mencari dan menghancurkan" sel-sel yang terinfeksi, termasuk sel-sel kanker, di dalam tubuh.

Studi mengenai manfaat olahraga 15 menit ini dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Physiological Society di Long Beach, California.

Baca juga: 6 Jenis Olahraga yang Aman untuk Pasien Gagal Ginjal

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa manfaat olahraga meningkatkan kadar sel NK dalam aliran darah, sehingga memberikan periode peningkatan kekebalan tubuh.

“Memobilisasi lebih banyak sel-sel ini dapat melindungi tubuh terhadap infeksi, mengurangi kemungkinan berkembangnya penyakit tertentu, dan membantu meningkatkan hasil penyakit dengan mengendalikan infeksi secara lebih efektif,” kata penulis utama studi Rebekah Hunt.

Untuk penelitian ini, para peneliti mengevaluasi 10 sukarelawan berusia 18 hingga 40 tahun, yang melakukan bersepeda intensitas sedang selama 30 menit dengan sepeda stasioner.

Sebelum memulai setiap sesi dan dengan interval 15 dan 30 menit selama sesi, sampel darah diambil dari para sukarelawan.

Baca juga: Olahraga Bisa Pengaruhi Siklus Menstruasi, Begini Penjelasannya...

Hasil pemeriksaan darah mereka menunjukkan bahwa kadar sel NK meningkat setelah 15 menit berolahraga, tetapi tidak meningkat lebih lanjut setelah 30 menit bersepeda.

"Potensi peningkatan sistem kekebalan tubuh ini mungkin sangat penting bagi penderita kanker, karena sel NK diketahui dapat membunuh sel tumor," tulis para peneliti dalam rilis beritanya.

"Olahraga beberapa menit sebelum melihat peningkatan sel tersebut, dapat memberikan semangat bagi orang yang kesulitan menemukan waktu untuk berolahraga atau lebih memilih latihan yang lebih pendek,” lanjut mereka.

Baca juga: 3 Tips Olahraga agar Mudik Tetap Bugar menurut IDI

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com