Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Trigliserida Normal pada Pria dan Wanita?

Kompas.com - 13/04/2024, 20:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu cara menjaga kesehatan jantung yaitu dengan mengontrol kadar trigliserida. Lantas, berapa trigliserida normal pada pria dan wanita?

Untuk diketahui, trigliserida adalah jenis lemak dalam darah yang berfungsi menyimpan kalori serta menyediakan energi cadangan bagi tubuh.

Baca juga: Buah Apa yang Bisa Menurunkan Trigliserida? Berikut 7 Daftarnya

Sayangnya, kadar trigliserida yang berlebihan dapat membuat arteri menebal atau mengeras sehingga memicu masalah kesehatan jantung.

Untuk itu, kita perlu mengetahui batas normal trigliserida berikut.

Berapa trigliserida normal pada pria dan wanita?

Dilansir dari Medical News Today, pria dan wanita memiliki kadar trigliserida normal yang sama yaitu kurag dari 150 mg/dl.

Semakin sedikit jumlah trigliserida dalam darah, maka semakin kecil kemungkinan orang mengalami penyakit jantung.

Sementara itu, orang yang punya kadar trigliserida 151-199 mg/dl perlu berkonsultasi ke dokter untuk menemukan perawatan dan perubahan gaya hidup yang sesuai.

Dikutip dari Mayo Clinic, cara mengontrol atau menurunkan kadar trigliserida yang umum dilakukan yaitu dengan membatasi makanan manis dan tinggi karbohidrat.

Makanan manis dan berkarbohidrat dapat mengakibatkan tubuh kelebihan energi yang disimpan dalam bentuk trigliserida dalam darah.

Baca juga: 7 Makanan untuk Menurunkan Trigliserida, Termasuk Bawang Putih

Kita perlu selektif dalam memilih sumber lemak. Mulailah mengonsumsi sumber lemak sehat, seperti ikan salmon dan kembung, buah alpukat, dan minyak zaitun.

Berhenti mengonsumsi minuman beralkohol atau berusaha membatasi juga bisa menjaga kadar trigliserida.

Pasalnya, minuman beralkohol mengandung gula dan kalori yang tinggi sehingga dapat memicu lonjakan trigliserida.

Jangan lupa untuk olahraga teratur selama 30 menit per latihan dalam lima kali seminggu agar tubuh sehat bugar dan terhindar dari risiko penyakit jantung akibat trigliserida tinggi.

Pastikan pula berkonsultasi dengan dokter dan melakukan pemeriksaan kesehatan rutin untuk mengetahui kondisi tubuh secara keseluruhan. 

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com