Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana agar Badan Tidak Mudah Sakit? Berikut 6 Tipsnya..

Kompas.com - 13/04/2024, 10:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Masalah kesehatan, seperti flu atau batuk pilek, kerap kali muncul pada musim pancaroba seperti saat ini. Lantas, bagaimana agar badan tidak mudah sakit?

Cara agar tubuh tidak gampang sakit akibat infeksi virus, bakteri, atau jamur yaitu dengan menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Artikel ini akan memaparkan beberapa tips meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh agar badan tidak mudah sakit.

Baca juga: 12 Kebiasaan Buruk yang Merusak Sistem Imun Tubuh Ini Harus Dihindari

Bagaimana agar badan tidak mudah sakit?

Sistem kekebalan tubuh yang optimal diperlukan untuk mencegah risiko berbagai penyakit.

Dilansir dari Yankes Kemkes, sistem imunitas mampu melindungi tubuh dari infeksi bakteri, virus, sampai parasit penyebab penyakit.

Sistem kekebalan tubuh juga dapat menghancurkan zat-zat asing lain serta menghilangkannya dari sel organisme yang sehat dan jaringan agar tetap dapat berfungsi seperti biasa.

Untuk lebih jelasnya, berikut enam tips atau cara meningkatkan kekebalan tubuh agar badan tidak mudah sakit:

  • Mengonsumsi makanan bergizi seimbang

Asupan gizi yang cukup sangat penting untuk memastikan ketersediaan energi, makronutrien, dan mikronutrien yang diperlukan untuk perkembangan, pemeliharaan dan performa sistem imun.

Usahakan untuk mengonsumsi makanan dengan gizi lengkap, mulai dari protein, karbohidrat, lemak sehat, serat, serta yang kaya vitamin dan mineral.

Baca juga: 12 Kebiasaan Buruk yang Merusak Sistem Imun Tubuh Ini Harus Dihindari

  • Mengelola stres

Stres bisa menurunkan antibodi dan kadar sel darah putih yang dihasilkan tubuh.

Itu sebabnya, seseorang perlu mengelola stres di tengah kesibukannya beraktivitas, misalnya dengan latihan meditasi, yoga, atau berlibur ke wisata alam yang udaranya masih sejuk.

Dengan mengelola stres, produksi hormon serotonin akan meningkat sehingga suasana hati akan menjadi lebih baik dan merasa bahagia.

  • Hindari makanan tiinggi gula dan lemak

Seringnya mengonsumsi makanan yang mengandung zat gula atau lemak yang tinggi dapat menekan sistem imunitas.

Selain makanan dengan kandungan gula dan lemak yang tinggi, rokok dan minuman beralkohol juga sebaiknya dihindari karena akan mengurangi dan menurunkan imunitas tubuh.

  • Olahraga teratur

Olahraga selama 30 menit setiap hari akan meningkatkan kadar leukosit sel darah tanpa warna yang berfungsi membinasakan bakteri yang menasuki tubuh mengingkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan respons antibodi dan T Cell.

  • Tidur cukup

Tidur cukup dapat membantu mencegah risiko berbagai penyakit. Itu sebabnya, orang dewasa perlu berupaya tidur selama 7-9 jam agar tetap sehat.

Baca juga: 10 Makanan untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Termasuk Bawang Putih

  • Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air dan hangat

Untuk meningkatkan imunitas dan memperbaiki selaput lender yang melapisi dinding saluran pernapasan, sup atau minuman hangat adalah pilihan terbaik.

Selain itu, perlu juga untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin di fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mengetahui kondisi tubuh secara keseluruhan.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com