Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Efek Minum Soda, Picu Trigliserida Tinggi dan Iritasi Lambung

Kompas.com - 09/02/2024, 18:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Sudah menjadi rahasia umum bahwa minuman bersoda bukanlah pilihan yang baik bagi kesehatan. Lantas, apa efek minum soda?

Tubuh manusia sebenarnya punya mekanisme untuk melindungi dari efek minuman berkabonasi. Namun, minum soda berlebihan bisa memberi dampak pada mulut, lambung, dan memicu trigliserida tinggi.

Untuk mengetahui lebih lanjut macam-macam bahaya minum soda simak ulasan berikut.

Baca juga: Apakah Aman Ibu Hamil Minum Soda? Berikut Faktanya...

Apa efek minum soda?

Berikut beberapa efek minum soda yang perlu Kamu pertimbangkan:

  • Menyebabkan kerusakan gigi

Dilansir dari Eating Well, minum soda sering kali dikaitkan dengan kerusakan gigi, terutama memicu karies, erosi enamel, dan menyebabkan gigi tanggal.

Menurut penelitian yang diterbitkan jurnal Biomimetics pada 2022, makanan dan minuman yang rasanya asam dan tinggi gula dapat menyebabkan pembusukkan gigi.

Minuman bersoda umumnya memiliki rasa asam dan tinggi gula sehingga menyebabkan terkikisnya enamel sehingga perlahan-lahan gigi menjadi keropos dan berlubang.

Selain merusak gigi, soda juga dapat berdampak pada kebersihan mulut dalam beberapa cara, termasuk perubahan pada air liur dan gusi.

Air liur memainkan peran penting dalam kesehatan mulut karena bisa menetralkan asam di mulut dan membersihkan partikel makanan serta bakteri.

Namun, konsumsi soda bisa menurunkan produksi air liur sehingga membuat mulut Anda lebih sulit melawan bakteri berbahaya.

  • Memicu iritasi lambung

Minum soda tidak secara langsung menyebabkan kerusakan pada lapisan lambung. Akan tetapi, soda mengandung karbonasi tinggi yang bisa memicu iritasi lambung pada individu yang punya masalah pencernaan.

"Bagi penderita maag, tukan lambung, refluks asam lambung, dan sejenisnya, asam karbonat dapat memperburuk kondisinya, terutama jika sudah mengalami peradangan kronis." kata pakar kesehatan Nancy Mitchell, dikutip dari Eating Well.

Baca juga: Apakah Aman Memutihkan Gigi dengan Baking Soda?

  • Meningkatkan gula darah dan risiko resistensi insulin

Efek minum soda berikutnya yaitu bisa menyebabkan gula darah tinggi dan risiko resistensi insulin.

Menurut US Department of Agriculture (USDA), satu kaleng minuman bersoda (12 ons) mengandung sekitar 37 gram gula tambahan.

Padahal, American Heart Association merekomendasikan penggunaan gula maksimal 6 sendok teh (25 gram) pada wanita dan 9 sendok teh (36 gram) untuk pria.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com