Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hapus Riasan Mata Kurang Bersih Bisa Sebabkan Penyakit Ini...

Kompas.com - 14/05/2024, 12:00 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Kurang bersih saat menghapus make up atau riasan wajah utamanya di mata bisa memicu berkembangnya penyakit hordeolum.

Penyakit ini umum juga disebut sebagai bintitan.

Baca juga: Kenapa Mata Sering Bintitan? Kenali 7 Penyebab dan Cara Mengobatinya

Hordeolum adalah benjolan kecil yang sekilas terlihat seperti jerawat atau lepuhan di dekat area bulu mata, penyebab mata bintitan biasanya adalah infeksi bakteri,” kata Dokter Spesialis Mata jebolan Universitas Brawijaya dr. Bramantya Surya Pratama Sp.M, MMRS, seperti yang dilansir dari Antaranews pada Selasa (13/5/2024).

Dr. Bramantya mengatakan bahwa bakteri umum muncul dari sisa-sisa riasan yang tidak sepenuhnya terhapus, mengusap mata dengan tangan yang kurang bersih, hingga paparan debu.

“Bakteri masuk melalui sela-sela bulu mata,” ucapnya.

Jika penyakit hordeolum berkembang, ini tidak hanya membuat kepercayaan Anda bisa menurun, tetapi tentu akan mengganggu kenyamanan mata dalam melihat.

Baca juga: 3 Perbedaan Kalazion dan Bintitan, Biang Benjolan di Kelopak Mata

Umumnya, kata dr. Bramantya, penyakit ini membuat penderita merasa nyeri ketika berkedip, dapat juga mengganggu penglihatan akibat pembengkakan.

Bintitan mungkin umum terjadi dan sering dianggap sepele, tetapi ia mengatakan bahwa sebenarnya jika bintitan tidak diobati dengan baik dapat bertahan hingga berbulan-bulan lamanya. Bahkan, benjolan yang muncul bisa membatu.

“Pokoknya sering-sering bersihkan bulu mata, jangan mengucek mata, dan biasakan cuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh mata,” lanjutnya.

Dr. Bramantya juga menyarankan penderita hordeolum untuk memeriksakan kondisi ke dokter mata untuk mendapatkan obat yang sesuai.

Baca juga: Kenapa Mata Bintitan Tidak Boleh Dipencet?

Adapun pengobatan ala rumahan untuk meredakan bengkak akibat bintitan, ia menganjurkan pasien untuk memberikan kompres hangat menggunakan kapas pada area mata selama lima menit.

“Kompres hangat ini dilakukan dengan cara merendam kapas kosmetik ke dalam air hangat, kemudian diperas, lalu ditempelkan ke kelopak mata dengan mata tertutup,” jelas dr. Bramantya.

Membersihkan riasan bulu mata agar benar-benar bersih penting untuk menjaga kesehatan mata dan bulu mata. Terkadang, riasan pelentik dan penebal bulu mata alias mascara sangat sulit untuk dihapus.

Namun, penghapus riasan atau make up remover berbasis minyak cukup efektif untuk menghilangkan riasan yang tahan air atau waterproof.

Baca juga: Gejala Tumor Kelopak Mata Mirip Bintitan, Ini Tanda-tandanya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com