Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Mata Sering Bintitan? Kenali 7 Penyebab dan Cara Mengobatinya

Kompas.com - 08/03/2023, 09:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Banyak orang khawatir alasan di balik kenapa mata sering bintitan terkait penyakit berbahaya atau masalah kesehatan tertentu.

Untuk diketahui, penyakit yang jamak dikenal dengan mata timbilan ini umumnya tidak berbahaya.

Namun, di beberapa kasus yang jarang terjadi, masalah kesehatan yang di dunia kesehatan disebut hordeolum ini bisa jadi tanda penyakit seperti kanker.

Simak beberapa penyebab sering bintitan, cara mengobati, sampai cara mencegahnya berikut ini.

Baca juga: Kenali Apa itu Bintitan, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

Kenapa mata sering bintitan?

Untuk diketahui, kelopak mata kita memiliki banyak kelenjar minyak untuk menjaga kelembapan dan melindungi mata.

Ketika kelenjar ini tersumbat dan ada bakteri yang turut terjebak di sana, bisul bisa tumbuh di kelopak mata dan seseorang mengalami bintitan.

Lamanya bintitan sembuh sampai tuntas biasanya sekitar seminggu sampai dua minggu. Namun, ada beberapa kondisi yang menyebabkan timbilan di mata ini sering muncul.

Disarikan dari AllAboutVision dan VisionCenter, berikut beberapa alasan kenapa mata sering bintitan:

  • Kurang menjaga kebersihan

Penyebab paling umum sering bintitan biasanya karena faktor kurang menjaga kebersihan, seperti tidak membersihkan wajah sebelum tidur sampai kebiasaan mengucek mata dalam kondisi tangan yang tidak bersih.

  • Pengobatan kurang tepat

Penggunaan obat bintitan tidak sesuai anjuran dokter, seperti tidak disiplin waktu konsumsinya, berhenti menggunakan obat sebelum jadwalnya, sampai dosis dan jenis obat yang digunakan tidak tepat juga dapat menyebabkan bintitan tak sembuh-sembuh sampai timbilan berulang.

Baca juga: 7 Cara Mengobati Mata Bintitan dengan Cepat

  • Penyakit kulit tertentu

Penyakit kulit kronis seperti rosacea mata dan dermatitis seboroik yang menyerang mata bisa meningkatkan risiko seseorang lebih sering terkena hordeolum.

  • Blefaritis

Blefaritis adalah peradangan pada kelopak mata. Gejala blefaritis mirip dengan timbil, seperti muncul bisul di kelopak mata, mata bengkak, dan kemerahan. Penyebabnya karena infeksi bakteri, alergi, atau masalah kelenjar minyak. Jika tidak diobati, penyakit ini bisa memicu timbil.

Baca juga: Kenapa Bintitan Tidak Sembuh-sembuh? Kenali Penyebab dan Perawatannya

  • Diabetes

Sering bintitan juga bisa jadi tanda penyakit diabetes. Kondisi ini disebabkan gula darah tinggi melemahkan sistem daya tahan tubuh, sehingga penderita rentan terkena infeksi, termasuk hordeolum.

  • Kolesterol tinggi

Kadar kolesterol tinggi juga bisa menyebabkan timbilan berulang. Pasalnya, tingginya kolesterol dalam darah membuat minyak alami tubuh lebih kental. Dampaknya, kelenjar minyak termasuk di kelopak mata kerap tersumbat.

  • Kanker

Di beberapa kasus yang jarang terjadi, sering bintitan juga bisa jadi gejala kanker karsinoma sebaceous. Anda perlu waspada jika timbilan muncul di tempat yang sama terus-menerus.

Baca juga: Bukan Doyan Mengintip, Ini 7 Penyebab Bintitan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com