Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gatal di Area V, Bolehkah Dilaser?

Kompas.com - 06/08/2010, 10:09 WIB

TANYA : Selamat pagi Dokter Achmad, saya ibu hamil dengan kandungan jalan 8 bulan dan sebentar lagi akan melahirkan. Pada waktu kehamilan 7 bulan, saya mendapati keputihan yang sangat banyak dan sering ada rasa gatal dan bercak darah di dinding bibir vagina. Saya pun memeriksakannya kepada dokter kelamin. 

Hasil pemeriksaan menyebutkan saya mempunyai kutil- kutil kecil di tempat tersebut, dan saya disarankan melakukan bedah caesar dan operasi laser pengambilan kutil tersebut.

Yang ingin saya tanyakan : 1. Haruskah saya melakukan bedah caesar? Apakah saya bisa melahirkan normal? 2. Apabila saya harus caesar, pada saat nanti setelah cesar apakah operasi laser dapat dilakukan, apa dampak positif dan negatifnya. 3. Apakah bisa muncul lagi penyakit tersebut ? Mohon bantuan dan saran dari dokter, sebelumnya saya ucapkan terima kasih

Fitri (28)

JAWAB :  Terimakasih atas pertanyaannya. Kalau melihat dari data yang disampaikan ibu, itu seperti condiloma (sering juga disebut jengger ayam).  Kalau memang itu, sebaiknya dioperasi saja karena sangat menular. Nanti takut kena bayinya.

Operasi laser dapat dilakukan segera saja untuk sekarang ini. Penyakit ini mudah berulang. Kalau pascalaser sudah bersih, boleh juga dipertimbangkan untuk lahir normal.  Untung ruginya, kalau bedah caesar, bebas dari infeksi condiloma. Jadi pada kasus ini, saya lebih menganjurkan operasi. Demikian jawaban saya.  Mudah-mudahan berkenan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com