Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Sukses ASI Eksklusif, Penuhi 4 Syarat Ini

Kompas.com - 14/06/2013, 08:57 WIB
Rosmha Widiyani

Penulis


KOMPAS.com
- Air Susu Ibu (ASI) menjadi makanan utama bayi berusia di 0-6 bulan. Pada rentang usia tersebut bayi seolah 'makan' tak kenal waktu. Kapan saja merasa lapar, bayi akan menangis minta makan. Akibatnya, seorang ibu menyusui (busui) harus siap memberi ASI kapanpun bayi membutuhkan. Hal ini mengakibatkan sebagian ibu khawatir produksi ASInya tak mencukupi.

Menurut konselor menyusui dr. Wiyarni Pambudi, SpA (K) ICBLCC, sebetulnya produksi ASI seorang sudah dirancang mencukupi kebutuhan tiap anak. "Sehingga ibu tidak perlu khawatir bila memiliki 2, 3, atau 4 anak sekaligus," katanya pada media gathering Pemahaman Tenaga Kesehatan Mengenai Kebijakan Menyusui di Indonesia di Jakarta, Kamis (13/6/2013).

Menurut Wiyarni, produksi ASI sudah disiapkan saat ibu mengandung. ASI juga siap dikeluarkan bersamaan dengan lahirnya bayi. Namun produksi ASI yang sedikit di awal masa menyusui kerap membuat para ibu baru cemas. Padahal, ketakutan ini tidak perlu bila para ibu paham bahwa minimnya ASI adalah hal wajar mengingat ukuran lambung bayi pun masih sangat kecil. 

"Ketika lahir lambung bayi cuma sebesar kelereng, dan hanya cukup 10 mililiter. Karena itu produksinya sangat sedikit," ujarnya.

Walau begitu, Wiyarni menegaskan ada beberapa faktor yang harus diperhatikan guna mendukung produksi ASI. Dengan memenuhi syarat-syarat berikut, keberhasilan ASI eksklusif akan lebih mudah dicapai.

1. Nutrisi

Wiyarni menyarankan busui banyak mengkonsumsi makanan bergizi. Wiyarni juga membolehkan bila busui ingin mengkonsumsi makanan bercita rasa tajam. "Pengaruhnya hanya di rasa, tidak dalam nutrisi. Asal bisa membuat ibu rileks dan merangsang produksi ASI silahkan saja," ujarnya.

Tak ada makanan tertentu yang menstimulasi produksi ASI. Menurut Wiyarni, hal ini dikarenakan produksi ASI bersifat spesifik pada setiap bayi. Produksi sedikit tidak bisa diartikan sama pada tiap ibu dan bayi. Pada ibu yang alergi, Wiyarni menyarankan ibu membatasi asupan makanan yang membangkitkan alergi. Namun alergi tidak boleh menjadi sandungan ibu menyusui bayinya.

Selain nutrisi, Wiyarni juga menyarankan ibu tidak ragu melakukan perawatan tambahan. "Misalnya perawatan payudara. Bila merasa perlu maka sebaiknya dilakukan," katanya.

2. Usahakan menyusu langsung

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com