Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/03/2014, 10:30 WIB


TANYA :

Dok, saya pria berusia 28 tahun dan masih lajang. Saya ada keluhan yang sudah terjadi dua kali ketika saya tak berhubungan badan atau masturbasi selama 3 sampai 4 minggu. Kepala saya sakit sekali dari dalam dan beberapa titik sakit di bagian kepala dari belakang hingga depan. Sakitnya membuat saya tak berdaya dan ingin tidur. Sakit kepala ini berjalan hingga semingguan ke depan. Tiba-tiba saya masturbasi, sakit kepalanya perlahan sembuh total tanpa minum obat. Pertanyaan saya, apakah akibat lama tidak melakukan hubungan badan atau masturbasi akan terjadi sakit kepala?

 

(Iwan, 28, Tanjung Pinang)


JAWAB :

Ketika mengalami rangsangan seksual, terjadi perubahan fisik dan psikis. Perubahan ini menimbulkan tanda atau gejala, yang tidak hanya pada kelamin tetapi juga pada organ tubuh yang lain.

Perubahan di luar kelamain, antara lain terjadi peningkatan denyut jantung, irama napas, dan tekanan darah. Semua perubahan yang terjadi akan hilang setelah orang mengalami orgasme. Tetapi tentu saja gejala yang timbul akibat perubahan itu tidak selalu dirasakan sama pada setiap orang.

Boleh jadi rasa sakit yang Anda alami berkaitan dengan peningkatan tekanan darah atau perubahan yang terjadi pada otak ketika mengalami rangsangan seksual. Sebagai contoh, orang yang mengalami tekanan darah tinggi mungkin mengalami sakit kepala ketika mencapai orgasme karena peningkatan tertinggi tekanan darah terjadi pada saat orgasme.

Kalau Anda terganggu dengan sakit kepala Anda, saya sarankan Anda berkonsultasi lebih lanjut.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com